blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

14 Jan 2020

Islam dan Pancasila


Islam dan Pancasila  Kalau membandingkan sesuatu itu harus apple to apple,dengan yang sekufu atau selevel.  Jadi kalau sekarang ada yang mempertentangkan Islam dengan Pancasila sangatlah tidak tepat.  Ketika menyebut kata Islam maka yang seharusnya dibandingkan adalah dengan katagori yang sama, yaitu agama selain. Islam seperti Nasrani, Budha, Hindu, dan lain sebagainya.  Sementara bila kata Pancasila disebut maka bandingannya adalah komunis, liberal, sosialis dan yang sejenisnya.


Hei..hei... kok jadi cerita Islam dan Pancasila sih... ?  Hihi..momaap tiba-tiba tak ada hujan tak ada angin saya  menulis tentang Islam dan Pancasila.  Akutu lagi gemes sebenarnya sekarang tuh banyak yang parno terhadap Islam,  ada perbedaan sedikit saja lalu disebut radikal dan tidak pancasilais...  duh miris kan jadinya.

Islam adalah agama,  sementara Pancasila adalah falsafah hidup dalam berbangsa dan bernegara. jadi tak perlu dipertentangkan karena pada dasarnya Islam dan Pancasila sejalan. Sila pertama dari Pancasila kan Ketuhanan yang Maha Esa.  Ini menunjukkan bahwa Pancasilaa bernilai tauhid dan memiliki semangat keesaan.


Konsep Pancasila akan semakin jelas ketika setiap umat beragama melaksanakan ajaran agamanya masing-masing.  Jadi meski negara ini bukan negara yang berdasarkan agama tetapi tetap menghendaki agar rakyatnya menjalankan agamanya masing-masing...

Berdasarkan pandangan ini Pancasila dan Islam tidak perlu diposisikan sebagai dua hal yang kontradiktif.  Karena Islam dan Pancasila selaras.  Perumusan norma yang tertuang di dalam Pancasila meletakan nilai-nilai esensial yang berafiliasi dengan konsep keislaman.  Selain ketuhanan prinsip permusyawaratan, kemanusiaan, keadaban, dan keadilan semuanya termaktub dalam ajaran Islam.

Jadi menurut saya sekali lagi kita tidak perlu memposisikan keduanya berhadap-hadapan karena memang tidak apple to apple. Islam ajaran yang penuh kasih sayang.  Dimana-mana kalau Islam mayoritas pemeluk agama lain akan hidup nyaman.  Sejarah banyak mencatat justru saat Islam minoritas yang terjadi adalah penindasan.  Bosnia, Azerbaijan, Pattani, Moro Filipina, Muslim Afrika Tengah, Rohingnya dan terakhir terdengar muslim Uigur di Cina adalah contoh dimana saat muslim minoritas justru yang terjadi adalah ketidakadilan dan penindasan.

Jadi stop menganggap Islam agama radikal karena Islam hakikatnya mengajarkan kasih sayang. Kalaupun ada beberapa kejadian itu disebabkan pemahaman tentang Islam yang sempit.  Stop menjadikan keduanya yaitu Islam dan Pancasila dalam posisi kontradiktif.   Semoga tulisan Islam dan Pancasila ini bermanfaat ya teman-teman :)

1 komentar :

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^