blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

24 Mei 2019

8 Kelebihan WordPress yang Harus Kita Ketahui


8 Kelebihan WordPress yang Harus Kita Ketahui  "Wah segitu aja deh Mba... Blog Mba Ida kan belum pakai WordPress.."  Seorang agen keukeuh dengan harga yang diajukan saat kami adu tawar di email soal harga Job Content Placement yang dia tawarkan.  Deg. ada perasaan tak menentu menjalari... Emang mengapa kalau tidak menggunakan WordPress, kok bisa jadi alasan dia tidak mau menaikan harga.  Sebuah pertanyaan berkecamuk dalam hatiku.


Itulah kisah nyata yang saya alami satu atau dua tahun yang lalu saat seorang Agen Digital Marketing sebuah perusahaan menawarkan sebuah kerja sama di blog Cerita Ida.   Semua pertanyaan terjawab saat saya bertanya kepada suami apa keistimewaan dari WordPress sehingga memiliki nilai lebh di mata seorang digital marketing.

Jawaban suami sih masuk akal, karena saya mengalami juga.  Selain di blogspot ini saya juga pemakai Content Management System (CMS) bernama  WordPress ini..  Yup, blog khusus travelingku Ida Journeys memang menggunakan WordPress.  Apa yang dipaparkan suami memang betul juga terutama di bagian SEO Friendly, menggunakan WordPress mudah terindeks oleh mesin pencari seperti Google.

Lalu apa sih kelebihan WordPress itu, sehingga bisa meningkatkan nilai sebuah blog sedemikian rupa?  Yuk simak 8 Kelebihan WordPress yang harus kita ketahui sehingga menjadi CMS paling populer dibanding platform lain seperti Blogspot, Jigsy, Weebly dan lainnya.  Sejak diluncurkan di tahun 2003,  WordPress atau biasa disebut WP menduduki 27,5% dari 10 juta website teratas per Februari 2017. Sementara jumlah keseluruhan pemakainya konon dikabarkan mencapai 60 juta website.


8 Kelebihan WordPress yang Harus Kita Ketahui 


Mudah Digunakan


Waktu pertama kali mau mencoba ngeblog dengan WordPress di Ida Journeys sempet kasak kusuk takut susah.. hehe.  Tapi begitu mencoba sekali diajarin oleh suami eh langsung bisa deh, ga sesusah yang dipikirkan ternyata. Walau tetep aja sih karena belum familiar jadi sering nanya-nanya juga.  Oya blog Ida Journeys ini langsung menggunakan WordPress Hosting berbayar.

Sebetulnya agak-agak surprise juga, karena baru sebatas wacana mau bikin blog khusus traveling eh langsung dibuatin dan langsung pakai hosting yang bukan gratisan.  Kata suami sih biar berkesan profesional..hehe...

SEO Friendly


Nah ini mengapa sang digital marketing yang ngajak kerja sama tuh bilang blog saya bukan WordPress.  Ternyata menggunakan WordPress itu jadi SEO Friendly lho, tulisan jadi lebih mudah dilacak oleh mesin pencari.  Terlebih kalau ditambah plugin yang tersedia untuk WordPress baik gratisan atau berbayar wah makin mantap.  Hal inilah yang disukai seorang internet marketing.

Saya paling suka dengan plugin YOAST yang tersedia di WordPress walau belum memakai yang premium alias masih gratisan tetapi keberadaan plugin YOAST ini sangat membantu saya untuk belajar SEO.  Jadi kalau menulis kalau belum memenuhi SEO nya suka ada pemberitahuan.

Fleksibel


Kelebihan lainnya dari WordPress adalah sangat fleksibel.  Kita bisa menggunakan WordPress untuk berbagai kebutuhan website kita.  Bisa hanya sekedar untuk fun saja atau menyalurkan hobi, bisa juga untuk website bisnis, perusahaan, toko online dan lain sebagainya.

Relatif Lebih Aman


Keberadaan WordPress yang menjadi CMS terpopuler menjadikan serangan hacker semakin gencar.  WordPress cukup serius menangani hal ini dengan selalu memberikan update kepada para penggunanya sehingga mengurangi resiko terkena hacker.  Kalaupun masih ada yang terserang, biasanya itu karena kesalahan pengguna sendiri yang menggunakan plugin atau theme yang didownload dari website yang tidak terpercaya.

Theme dan Plugin Sangat Mudah Dimodifikasi


WordPress sangat mudah disesuaikan dengan keinginan penggunanya.  Ribuan plugin dan theme yang bisa digunakan secara gratis dan berbayar.  Hanya dengan beberapa langkah saja tampilan website kita bisa berubah sesuai dengan keinginan kita.  Selain theme dan plugin yang disediakan kita juga bisa menggunakan dengan plugin dan theme sendiri sehingga bisa dengan mudah mengubahnya sesuai dengan yang kita inginkan.


Bisa Menjadi Host Multimedia Files


Keunggulan WordPress yang tidak dimiliki CMS lainnya salah satunya adalah kemampuan menambahkan berbagai jenis file seperti audio, video, gambar dengan sangat mudah karena hanya tinggal drag dan drop file yang diinginkan.  WordPrss pun memiliki media library yang memungkinkan kita mengatur dan menglola mutltimedia tersebut dengan teratur.

Mobile Friendly


Smartphone menjadi benda penting yang harus dimiliki semua orang di zaman milenial ini.  Website yang mobile friendly tentulah menjadi suatu hal yang sangat penting.  Dengan menggunakan WordPress semua bisa dilakukan dengan mudah. Kita bisa memilih tema yang mobile friendly. Mau update blog atau website juga bisa digunakan di smartphone karena halaman admin WordPress juga mobile friendly.

WordPress Berkembang Terus Menerus


Kelebihan lainnya dari WordPress adalah karena CMS ini terus menerus berkembang. Sebagai CMS terpopuler semua kesalahan atau celah yang terjadi pasti akan dilaporkan dan penyelesaiannya pun dibantu oleh komunitas pecinta WordPress yang banyak tersebar.  Melalui kekuatan komunitas yang besar WordPress akan selalu terus berkembang dan menjadi semakin baik.

Nah itulah 8 Kelebihan WordPress yang Harus Kita Ketahui.  Semoga bisa menjadi pertimbangan teman-teman di dalam memilih CMS untuk website bisnis atau pun hanya untuk sekedar hobi saja.  Yang penting juga untuk sebuah website adalah meningkatkan performa kecepatan sebuah website. Biasanya peyedia hosting menawarkan hosting khusus untuk WordPress yaitu dikenal dengan WordPress Hosting.  Seperti kita pahami bersama bahwa kecepatan loading sebuah website sangat mempengaruhi untuk SEO nya.

Faktor lain yang berpengaruh kecepatan loading adalah letak server dari penyedia hosting.  Jika kita menginginkan trafik banyak yang berasal dari Indonesia, idealnya kita menggunakan Hosting Indonesia.  Dan saya merekomendasikan Qword sebagai penyedia hosting  yang bisa teman-teman pilih karena Qword sudah memiliki nama yang baik dan dapat dipercaya.

Semoga tulisan 8 Kelebihan WordPress yang Harus Kita Ketahui ini bermanfaat untuk teman-teman yang akan membuat website atau blog baik untuk bisnis maupun untuk lainnya.


.

14 komentar :

  1. Masing-masing blogger punya pilihan sendiri untuk menentukan paltformnya ya mbak. Nah kalau pakai wordpress pastinya harus memilih server yang bagus supay agak down trus ya. Aku pun punya blog yang pakai wordpres :)

    BalasHapus
  2. Aku setuju banget, aku suka pakai wordpress hehehhe, suka utak atik plug in dn update:) tapi aku baru tahu kalau wordpress mudah terdeteksi, beruntungnya kitavpengguna wordpress��

    BalasHapus
  3. Ada baik ada buruk itu sudah lumrah ya. Tinggal kita mau pilih dan pakai yg mana. Saya pakai WordPress tapi malah gak pernah ganti theme. Hehehe

    BalasHapus
  4. Akhirnya aku pun tahun kemarin ternak blog dan bikinnya pilih yang platform wordpress. Alasannya sih karena yang mengelola bareng anak sulungku, jadi ya udah lah nurut aja sama dia, hihiii

    BalasHapus
  5. Wahhh...baru tahu kalau platform juga menentukan harga konten, Mbak. Asyiik bangett, aku pakai WP soalnya. Hahaha

    BalasHapus
  6. Wordpress paling asyik tuh lebih SEO friendly.
    Postingan gaje saya di wordpress lebih berpotensi ada di rangking yang bagus di Google ketimbang blogspot.

    Cuman mau di monetized kok belum siap bayarnya hahahaha.

    Maybe, suatu saat kalau udah longgar mau tekuni wordpress juga :)

    BalasHapus
  7. Barusan saya bikin akun di Wordpress, khusus untuk jaga-jaga atau akan saya isi tentang dunia Palung.
    Jadi ingat Tito teman saya yang bantu bikinin blog di WP, Dia ngutarain kelebihan WP. Sayang saya alami kesulitan dengan seting karena masalah bahasa juga kurang waktu untuk mempelajari jadi akun WP saya diantep lama sampai lupa sandi masuknya.
    Saya baru tahu bahwa WP termasuk SEO friendly dan mobile friendly. Jadi pengen menelaahnya lebih lanjut.
    Akun WP baru saya belum diutak-atik. Belum diisi data tambahan. Mungkin lain waktu.

    BalasHapus
  8. Banyak hal yang perlu ditimbang memang saat memilih platform blog ya.... Termasuk juga harus mau investasi waktu supaya bisa memaksimalkan fitur-fitur di wordpress ini ya....

    BalasHapus
  9. Beberapa poin yang diulas di sini juga jadi pertimbangan aku waktu memutuskan mau bikin blog di platform yang mana. Wordpress memang terkenal SEO friendly dan tersedia cukup banyak plugin juga yang memudahkan penggunanya untuk memaksimalkan kinerjanya. Meski begitu, aku sekarang juga nyobain blogspot sih, karena dua-duanya punya kelebihan masing-masing

    BalasHapus
  10. Aku masih wacana nih pindah ke WP. Belum familiar mungkin ya. Makasih mbak untuk sharingnya

    BalasHapus
  11. Dari pertama ngeblog udah pakai wp sih, paling yang paling bioin degdeg syer pas perpanjangan domain dan hosting hehehe, alhamdulillah walaupun sekarang IRT masih bisa bayar perpanjangannya, mudah-mudahan langgeng nih

    BalasHapus
  12. Aku juga punya blog yang pakai wordpress tapi nggak aktif soalnya aku belum begitu pintar pakai wordpress andalan ku masi blogspot mbak :)

    BalasHapus
  13. Iya sih mba, banyak memang kelebihan wordpress ini. Aku pun punya beberapa blog berplatform wp ini. Sayangnya pas mau dotcomin haduuuhh budgetnya ga nyampe. Emak2 kan sukanya pahe :))

    BalasHapus
  14. Dulu pas masih pakai blog yang gratisan, saya menggunakan wordpress. Memang sih WP tuh gampang banget pemakaiannya. Cuma sekarang saya pakai blogger.com emg aagak ribet. Tp mau pindah ke WP juga butuh effort lebih

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^