blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

31 Mei 2019

Silakan Beli: Buku Panduan Orang Tua untuk Mempersiapkan Entrepreneur Cilik

Silakan Beli: Buku Panduan  Orang Tua untuk Mempersiapkan Entrepreneur Cilik   Sudah lama berteman dengan Teh Eka ini di facebook, senang banget dengan status-statusnya yang menginspirasi.  Apalagi tentang kisah jatuh bangun perusahaan yang ia bangun dengan susah payah.  Kagum,  perasaan itu mucul saat mengetahui tentang perempuan cerdas lulusan S1 Biologi ITB dan MBA ITB ini.

Buku Silakan Beli, Entrepreneur Cilik



Saat Teh Eka mengumumkan di status facebooknya tentang PO buku Entrepreneur Kecil karyanya, tidak berfikir lama saya pun memesannya.  Saya ingin anak-anak memiliki jiwa entrepreneur seperti Teh Eka, yang walau tidak memiliki silsilah keluarga pengusaha tetapi memiliki semangat yang luar biasa dalam berbisnis.  Semangat dan kerja keras yang akhirnya berbuah kesuksesan, menjadi seorang pengusaha yang berhasil.

Jadi kepikiran untuk mereview buku keren ini, karena buku ini sangat bermanfaat untuk para orang tua agar bisa mulai menanamkan semangat berwirausaha di usia dini.  Etapi review ala-ala Cerita Ida berbeda dengan review buku ala teman-teman yang lainnya, so maafken bila tidak sesuai dengan harapan teman-teman pembaca tulisan ini.

FYI untuk menjadi negara maju maka penduduknya harus memiliki semangat berwirausaha. Konon katanya Indonesia hanya memiliki 3,1 % dari seluruh penduduknya yang menjadi pengusaha.  Sementara untuk menjadi negara maju rata-rata mereka memiliki minimal 14% pengusaha dari jumlah penduduknya.  Jadi Indonesia masih sangat memerlukan lahir para entrepreneur-entrepreneur baru agar tumbuh menjadi negara maju.


Tampilan tiap halaman yang penuh gambar dan warna

Silakan Beli, demikian judul buku dengan cover eye catching setebal 118 halaman ini.  Buku ini bukan hanya Teh Eka Riani atau Eka Adrian yang menulisnya.  Teh Eka menulis buku ini bersama Rosi Meilani.  Teh Rosi ini seorang blogger yang tinggal di Inggris sejak tahun 2006 sampai dengan sekarang. Cerita tentang Teh Rosi juga ditulis di buku ini.

Buku ini bagus untuk memberikan motivasi kepada anak-anak bahkan juga bisa memberi motivasi kepada orang tuanya yang belum menjadi entrepreneur. Hal ini bisa dibaca di Bab 1 Kita Semua Bisa Jadi Entrepreneur dan Bab 2 yang berjudul Berdagang Kenapa Harus Malu.  Di Bab 1  Teh Eka bercerita bahwa untuk menjadi pengusaha tak perlu memiliki orang tua yang pengusaha.  Ini motivasi dari Teh Eka

Kalau aku bisa, kamu juga bisa
Bab-bab selanjutnya lebih ke teknis seperti Asyiknya Jualan Dimana Ya di BAB 3, anjuran menggunakan media sosial agar digunakan semaksimal mungkin untuk menghasilkan uang.  Di Bab 4 yang berjudul LAKUKAN Apa yang Kamu Bisa, Apa yang Kamu Suka memberikan sebuah inspirasi bahwa berjualan itu dengan menjual sesuatu yang kita suka atau kita bisa membuatnya.

Selain tentang teknis buku ini juga menceritakan tentang usaha Teh Eka dan Teh Rosi serta nilai moral yang bisa diambil dari pengalaman mereka. Di luar dua kisah kedua penulis buku ini, buku ini juga menceritakan tentang kisah beberapa entrepreneur cilik dalam menjalankan usahanya.

Buku ini juga menceritakan tentang proses produksi, mulai dari perhitungan biaya produksi, kemasan, merk, logo, tagline dan lain-lain yang berhubungan dengan bagaimana sebuah proses produksi dijalankan.  Buku ini juga memberi tips dan trik berjualan melalui media sosial lho..

Secara umum buku ini menarik, mulai dari tampilan cover yang eye catching, juga tampilan halaman demi halaman yang dibuat penuh warna dan ilustrasi yang menarik.  Membaca buku ini enggak akan membosankan karena gaya bahasanya juga enak dibaca.

Singkatnya buku ini saya rekomendasikan buat para orang tua yang menginginkan anak-anaknya menjadi entrepreneur.  Bisa jadi panduan orang tua untuk diceritakan kepada anak-anak atau juga untuk bacaan anak-anak yang memotivasi.

Judul Buku  :  Silakan Beli
Penulis  : Rosi Meilani dan Eka Adrian
Penerbit : Kanak
Halaman : 118 
Harga  :   Rp 77.350

Demikian ya teman-teman review buku ala Cerita Ida yang berjudul Silakan Beli: Buku Panduan Orang Tua untuk Mempersiapkan Entrepreneur Cilik. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk teman-teman yang memerlukannya :)

26 komentar :

  1. wah keren banget bisa diajarkan kemandirian sedari kecil ya :D

    BalasHapus
  2. Wah buku yg bagus nih ya.. oh ya mba, buku ini sasarannya untuk anak2 usia berapa ya?

    BalasHapus
  3. Buku duet bareng mba Rosi dan mba Eka ya, bagus buat referensi belajar anak-anak ya. Agar muncul lebih banyak lagi enterpreneur muda sejak dini

    BalasHapus
  4. mau ah teh beli, kebeneran anakku yg sulung passionnya kayaknya lebih ke wirausaha, suka dagang dia anaknya, hatur nuhun teh

    BalasHapus
  5. Silakan Beli adalah judul yang unik dan lugas. Ada ajakan yang bikin penasaran, tetapi karena bukunya untuk anak-anak maka gaya persuasif semacam itu dirasa sopan
    Saya belum pernah baca buku yang bertema entrepreneur, bagus juga buku ini, bisa jadi teladan. Bahwa dunia dagang itu unik dan asyik .
    Senang ada buku yang mencakup paket lengkap.

    BalasHapus
  6. Jadi penasaran seperti apa sih ya isi bukunya. Jngn2 bisa dijadikan motivadi utk orang dewasa juga nih.

    BalasHapus
  7. Silakan Beli adalah judul yang unik dan lugas. Ada ajakan yang bikin penasaran, tetapi karena bukunya untuk anak-anak maka gaya persuasif semacam itu dirasa sopan
    Saya belum pernah baca buku yang bertema entrepreneur, bagus juga buku ini, bisa jadi teladan. Bahwa dunia dagang itu unik dan asyik .
    Senang ada buku yang mencakup paket lengkap.

    BalasHapus
  8. Mantap nih kayaknya ya. Cocokekali bagi para ortu yg bukan pengusaha tapi punya anak2 berbakat wirausaha.

    BalasHapus
  9. Wah menarik sekali nih Teh, kebeneran sekarang Kayla lagi suka iseng jualan kecil2an di online shop gitu. Pengen belajar juga tentang enterpreneur nih

    BalasHapus
  10. Buku tentang mengajarkan anak2 utk melatih kema dirian, bisa jadi juga utk para orang dewasa dan ortu lho. Mau hinting bukunya juga deh.

    BalasHapus
  11. Sejak kecil udah mengajarkan entrepreneur tuh keren banget. Nanti gedenya juga makin jago ilmunya. Buku yang menarik dan pas untuk direkomendasikan dibaca :)

    BalasHapus
  12. dari buku ini anak-anak bisa belajar bagaimana bertahan hidup ya dengan mempelajari enterpreneur sejak kecil. Ceritanya disajikan menarik apalagi dipenuhi dengan gambar2 berwarna

    BalasHapus
  13. Aku setuju! Entrepreneurship wajib diajarkan dari kecil. Siapa tau nanti gedenya kayak aku yang pengen nyoba buat usaha sendiri tapi nggak tau harus mulai dari mana. Sikap2 dasar entrepreneurnya nggak punya hehe

    BalasHapus
  14. Sekarang kecil-kecil pun sudah diajarkan memiliki jiwa enterpreneur. Bahkan di beberapa sekolah sudah ada programnya. Saya seneng melihatnya. Kegiatan positif untuk anak

    BalasHapus
  15. Aku baru tahu bahwa hanya 3.1% yang jadi enterpreneur.
    Boleh tahu itu survei tahun berapa ya, mba?

    Wah, setuju, Indonesia perlu banget buku seperti ini!

    BalasHapus
  16. kalo keluargaku banyak yang jadi penjual. ya agak deket sama pengusaha lah ya, hehe. Tapi bukunya beda euy sama yang lain. Dan bagus ilustrasinya

    BalasHapus
  17. waahh bagus banget nih bukunya, sangat cocok untuk aku kayanya. supaya bisa mengajarkan dan menerapkan kepada anak2ku. harganya juga cukup terjangkau dengan buku yang full colour gitu :)

    BalasHapus
  18. Setuju banget. Jiwa enrepreneur mesti ditanamkan sejak kecil karena ini bisa jadi modal dasar anak untuk masuk dalam kehidupan masa dewasa. Dulu orangtuaku suka bilang selama anak-anaknya paham dengan dunia wirausaha maka di mana pun mereka hidup akan baik-baik aja dan ini setelah kami dewasa benar adanya.

    BalasHapus
  19. Anak kedua aku sepertinya ada bakat deh soal entrepreneur, anak cowok tapi detail banget.. setuju banget ini kalo entrepreneurship harus siapkan sejak dini.. jadi referensi buat orangtua yang punya anak ada bakat atau memang nantinya menghendaki anaknya menjadi pengusaha sukses

    BalasHapus
  20. Anakku kalau ada Bussiness Day di sekolah, suka gak mau bawa uang dan gak mau jualan juga...
    Malu katanya.

    Padahal aku uda kasih semangat, bahwa orang jualan itu gak perlu malu.
    Nanti kalau dapet hasil jualan, kaka bakal senang deeh...

    ((ga ngefek, hiiks...))

    Harusnya kaka baca buku ini niih..
    Biar pede kalau mau belajar enterpreneurship.

    BalasHapus
  21. Jadi entrepreneur memang sudah bisa diinisiasi sejak dini ya mbak. Kehadiran buku-buku anak bermutu seperti ini memang membantu sekali para orangtua memmbimbing anaknya untuk jadi entrepreneur

    BalasHapus
  22. bukunya menarik banget mba, bergambar dan colourful, anak-anak pasti suka dan bisa jadi alternatif untuk meningkatkan minat baca pada anak ya. Ponakan ku kalo baca buku tanpa gambar suka protes, ngantuk katanya hehehe

    BalasHapus
  23. Wah cucok nih ya buat bacaan anak keduaku yang pemalu banget kalau diajarin untuk berniaga. Enggak kayak kakaknya yang pantang menyerah jualan apapun di kelas waktu SD kelas 3 dan 4 dulu :))

    BalasHapus
  24. Buku bagus yang kudu dibaca orang tua dan anak-anak nih. Apalagi di zaman kayak sekarang di mana persaingan sangat ketat dalam dunia kerja. Biar anak bisa tahu dan tertarik dunia entrepreneur. Mana tahu ya mereka akhirnya tertarik dan akhirnya bisa kreatif dan mandiri dengan memilih jadi entrepreneur.

    BalasHapus
  25. Boleh juga nih aku pengen beli buat adik-adikku buat panduan mereka mempersiapkan anaknya

    BalasHapus
  26. aku sebagai orang tua suka banget nih buku-buku kaya gini. nilai edukasinya tinggi, dilengkapi dengan ilustrasi gambar, harganya juga terbilang terjangkau yaaa.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^