blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

28 Jul 2023

5 Manfaat Service Motor Rutin



5 Manfaat Service Motor Rutin  Sudah lebih dari dua tahun ini saya pensiun mengendarai motor sendiri.  Selain karena intensitas keluar rumah tidak sesering dulu, alhamdulillah selalu ada yang siap antar kemana pun saya pergi.  Sebetulnya alasan utamanya sih karena awalnya terlambat memperpanjang SIM akhirnya malas mengurus SIM dari awal lagi.

Saya tipe orang yang engga bisa tenang kalau melanggar peraturan seperti tidak punya SIM misalnya.  Akhirnya pensiun deh mengendarai motor sendiri.  Padahal sebenarnya bertahun-tahun punya SIM juga tidak pernah sekali pun diperiksa polisi hehe...

Lalu bagaimana nasib motor kesayanganku, dijualkah?  Oh tentu tidak, kan namanya juga motor kesayangan :D  Kini Fathya si tengah alias anak ketigaku yang beruntung menerima lungsuran motor ini.  Kenapa beruntung?  Karena motor lungsuranku pasti performanya baguslah secara kalau saya tuh disiplin melakukan service motor rutin.

Fathya sekarang sudah tingkat dua, jarak dari rumah ke kampusnya di UPI lumayan jauh.  Awalnya  kalau engga ada yang antar selalu naik gojek.  Sebetulnya  belum tega membiarkan Fathiya naik motor sendiri ke kampus.  Tapi berhubung biaya naik gojek itu mahal sekali jalan bisa empat puluh ribuan akhirnya saya biarkan Fathya belajar mengendarai motor.

Setelah lumayan lancar, kami biarkan Fathya mengendari motor sendiri ke kampus.  Awalnya ditemani, dibuntuti dari belakang.  Alhamdulillah setelah terlihat mahir dan sudah hapal jalur ke kampus kami biarkan Fathya pergi sendiri mengendarai motor. 

Postingan bukti saya pernah jadi motoris :D :D

5 Manfaat Service Motor Rutin


Tentu saja mengizinkan mengendarai motornya dengan berbagai 'wanti-wanti' yang panjang kali lebar.  Termasuk harus menjaga motornya selalu dalam kondisi terbaiknya.  Khawatirnya kalau sampai mogok di jalan, kasihan sekali harus mendorong motor sendirian.  

Menjaga motor agar performanya selalu okey salah satunya dengan cara melakukan service motor rutin ke bengkel motor.  Ini penting sekali karena kalau lalai yang rugi kita juga.  Pernah lho saya punya pengalaman buruk karena lalai service motor rutin.

Motorku yang dulu itu dipakainya sering tapi jarang sekali dirawatnya, bawaannya malas aja menunggu motor saat diservice.  Akibatnya sudah bisa ditebak dong,  motor pun performanya jauh menurun dan  akhirnya malah sering mogok.  Saat diperbaiki ke bengkel membutuhkan dana yang besar sekali bisa sampai jutaan.  

Karena sudah tidak nyaman menggunakan motor yang jarang dirawat itu, setelah motor diperbaiki akhirnya dijual.  Ternyata motor itu ditawar  jauh dari harga motor sejenis dengan usia yang sama yang rajin dirawat.  Duh nyesel jadinya, tapi memang penyesalan selalu datang terlambat ya...heu...

Pengalaman yang berharga sekali itu, jangan sampai deh kejadian seperti itu.  Jadi memang penting sekali ya service motor rutin itu.  Biaya memperbaiki motor rusak yang tidak dirawat itu ternyata jauh lebih mahal dari biaya yang harus dianggarkan untuk service rutin motor.  

Padahal kalau dirawat keuntungannya banyak sekali,  selain performa yang bagus, insya Allah terhindar dari musibah motor mogok saat sedang kita gunakan.  Dari pengalaman buruk yang pernah saya alami  bisa disimpulkan beberapa manfaat service motor rutin yaitu:

  1. Menjaga Performa Mesin
  2. Kendaraan Jadi Lebih Awet
  3. Berkendaraan Lebih Nyaman
  4. Menghemat Biaya Operasional
  5. Menjaga Nilai Jual Motor

Istiqomah service motor rutin itu artinya kita merawat motor yang kita miliki.  Merawat sesuatu yang kita miliki dengan baik itu merupakan salah satu bukti kita mensyukurinya.  Mensyukuri nikmat yang Allah SWT berikan adalah kewajiban kita sebagai muslim :D

8 Bagian Penting yang Harus Dicek Saat Sevice Motor Secara Rutin


Lalu apa saja sih yang harus diperiksa saat kita melakukan service motor rutin?  Ada 8 bagian penting yang harus dicek saat melakukan service motor rutin.  Apa saja itu, yuuk ah kita bahas satu persatu.


1.  Oli Mesin

Mengapa oli mesin penting untuk selalu dicek saat melakukan service motor rutin?  Oli mesin memiliki fungsi sebagai pelumas, pendingin dan pelindung mesin.  Inilah sebabnya mengapa kita harus rutin mengganti oli sesuai jarak yang ditempuhnya.  Biasanya rata-rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 km.

Tapi jangan salah di beberapa tahun terakhir ada lho produsen kendaraan  memberikan rekomendasi penggantian oli dua kali lebih lama dari oli biasa alias sampai 5000 km. Jangan khawatir ada apa-apa dengan motor kita ya karena oli ini base tertinggi di kelas oli, sudah menggunakan teknologi ester.  

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Itu sebabnya, kamu perlu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai dimana rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 km. Biasanya, biaya yang perlu kamu bayar, meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.

2. Oli Gardan

Nah buat teman-teman yang memiliki motor matic wajib banget untuk ganti oli gardan secara rutin. Oli ini berguna untuk melumasi gear yang ada di Continuosly Variable Transmission (CVT). Waktu penggantian Oli motor matic ini dengan rummus dua kali ganti oli mesin setelah itu dibarengi dengan pergantian oli gardan.

3. Busi

Busi merupakan bagian dari motor yang memiliki fungsi sebagai sumber listrik dari motor kita.  Motor akan menyala setelah aliran listrik koil menjadi percikan api.  Saat busi ini tidak berfungsi dengan baik maka motor akan sulit dinyalakan.  Inilah mengapa cek busi saat service motor itu sangat penting.

4.  Kampas Rem

Kampas Rem merupakan salah satu komponen dalam kendaraan kita yang harus benar-benar kita perhatikan. Banyak kecelakaan terjadi yang diakibatkan karena kondisi kampas rem yang sudah mulai aus. Saat kampas rem sudah tipis, rem pun menjadi kurang pakem. Tentu saja ini dapat menimbulkan kecelakaan yang berbahaya. Oleh karena itu jangan sampai cek kampas rem ini terlewati saat kita melakukan service motor rutin.

5.  Filter Udara

Selanjutnya komponen lain yang tak kalah pentingnya untuk selalu dicek saat melakukan service motor rutin adalah mengecek kondisi filter udara.  Jangan sampai ada kotoran masuk yang nanti bisa menyumbat sistem injeksi dan karburator.  Sebelum memutuskan apakah filter udara masih bisa digunakan atau harus diganti biasanya petugas di bengkel akan memeriksa terlebih dahulu kondisi dari filter udara ini.

6.  Aki atau Accu

Aki atau Accu merupakan komponen yang berfungsi untuk menyimpan suplai atau daya listrik pada tegangan.  Jadi tidak hanya busi yang sering membuat motor kita ngadat tidak mau menyala tapi juga komponen yang satu ini.

Dalam kondisi mati, idealnya tegangan pada aki berkisar di 12,3 -12,6 volt sementara dalam kondisi menyala idealnya tegangan aki berada di 13,7 - 14,2 Volt.  Bila tegangan tidak berada di kondisi ideal tersebut biasanya terjadi kebocoran atau terminal yang berkarat.  Petugas di bengkel akan menyarankan kepada kita untuk mengganti aki agar kita bisa tetap nyaman saat berkendaraan.

7.  Ban

Komponen penting lainnya yang harus diperiksa saat melakukan service motor rutin adalah ban.  Bahkan saat akan mengendarai kendaraan seringkali kita memeriksa kondisi ban terlebih dahulu.  Saat melakukan pengecekan rutin di ban, mekanik akan melakukan pemeriksan ban terutama pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan seperti gundul atau tidaknya.

8.  Tune Up Motor Rutin

Manfaat dari tune up motor rutin adalah untuk mengembalikan perfoma mesin motor kita seperti semula agar kondisi mesin tetap awet dan terjaga.  Tune up motor rutin ini merupakan pemeriksaan komponen secara keseluruhan terutama komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan.  

Pemeriksaan biasanya fokus pada kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), ban, memeriksa tegangan rantai, rem serta klakson.  Biasanya tune up motor rutin ini disertai juga dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan atau penggantian sparepart.  Tetapi jangan khawatir biasanya mekanik akan menginformasikan dulu kepada kita, kalau kita setuju barulah mekanik melakukan perbaikan.

Bengkel Service Motor Terbaik

Kalau kita menginginkan motor kita selalu dalam kondisi terbaiknya tentu kita harus memilih bengkel motor yang terbaik juga dong.  Jangan sampai mendapatkan bengkel motor yang membuat kita ngedumel karena tidak puas dengan pelayanannya.

Rekomendasi dari saudara atau teman yang kita percaya tentu bisa dijadikan acuan.  Saya pun demikian, rekomendasi dari mulut ke mulut memang perlu kita dengar karena biasanya itu dari pengalaman.  Selain itu ulasan - ulasan dari media sosian atau gmaps bagus juga menjadi rujukan.

Salah satu bengkel yang sering direkomendasikan teman-teman adalah bengkel motor Planet Ban.  Bahkan mereka merekomendasikan bengkel ini kalau ingin mendapatkan servis motor rasa mesin baru.  Wah tentu saja ulasan yang bikin penasaran ya teman-teman...


Servis motor rasa baru ini dikenal dengan sistem servis terpadu, yang bertujuan untuk meng-upgrade performa dan ketahanan motor lebih maksimal dengan cara yang benar namun juga cepat.  Yang lebih penting lagi dengan biaya yang lebih hemat.  

Di Planet Ban layanan ini akan fokus pada pemeriksaan bagian vital yang letaknya tersembunyi yang jarang diservis termasuk juga jarang kita cek dan jarang disetel. Penasaran kan ya... Berikut ini beberapa keuntungan yang akan kita dapatkan kalau kita servis di Planet Ban.

  • Proses servis rutin menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi yang akan meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin.  Tentu saja ini membuat mesin menjadi lebih awet dan insya Allah jarang rusak.
  • Menggunakan sparepart asli, wah asyik kan ?  Penggunaan sparepart asli ini akan membuat motor kita lebih panjang usianya, mesin dingin dan tarikan yang enteng.
  • Ganti oli rentangnya jadi cukup lama yaitu sekitar 4 sampai 6 bulan sekali atau setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja.  Tentu saja ini membuat kita lebih jarang ke bengkel dan jelas akan lebih hemat.
  • Servis motor rutin artinya sama dengan ikut menjaga lingkungan hidup karena kan emisi dan polusi dari motor jadi berkurang.

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat Lain

Teman-teman tentu penasaran kan apa bedanya servis motor di Planet Ban dengan di tempat lain?  Teman-teman bisa coba-coba bandingkan sendiri deh apa kelebihan servise motor di Planet Ban ini dengan di bengkel yang lain.

Pernahkan punya pengalaman sudah di servis eh tapi masih banyak kotoran, debu dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor kita.  Nah kalau kita servis motor rutin di Planet Ban seluruh bagian mesin akan dibersihkan sampai seperti baru lagi.  


Bahkan kepala silinder, blok CVT, piston, klep mesin, throttle body semuanya bersih dari debu, kotoran dan sisa-sisa pembakaran hingga terlihat seperti mesin baru.  Hasil tarikannya pun menjadi lebih enteng, lebih hemat BBM, emisi pun turun lebih dari 70%.  Yup seasyik itu servis motor di Planet Ban ini.  

Soal harga pun teman-teman tak perlu risau karena biaya servis di sini sangat terjangkau.  Misalnya saja untuk service CVT sekaligus rantai biayanya hanya Rp19.500,- untuk service motor injeksi cuma seharga RP20.000,- bahkan untuk service throttle body pun harganya juga cuma Rp20.000,-.  Murah kan ya teman-teman....

Asyik ya teman-teman sekarang bisa service motor rasa mesin baru dengan biaya yang sangat terjangkau.  Dengan begitu banyak manfaat yang didapatkan tentu membuat teman-teman tidak ragu melakukan service motor rutin di Planet Ban.

Nah teman-teman semoga tulisan Cerita Ida kali ini yang berjudul 5 Manfaat Service Motor Rutin ini bermanfaat ya ..:D

12 komentar :

  1. Sebagai cewe aku juga ga terlalu telaten dengan urusan begini mba 😄. Untungnya suami sangaaaat care Ama mobil2 nya dan motor. Diperhatiin banget kapan hrs service rutin dan kapan hrs service besar.

    Memang ngaruh mba ke harga jualnya. Sejak nikah Ama dia, aku ngalamin tiap kali suami jual motor dan mobil untuk ganti yg baru, itu selalu laku cepat, udh ditawar Ama temen2nya sebelum niat dijual malah. Krn mereka tahu suami telitiii bgt soal kendaraan.

    Trakhir jual mobil kemarin, pdhl usia juga udh 9 THN, tapi Ama bengkel resmi auto2000 ditawar tinggi Ama mereka, langsung kami lepas. 😄.

    Masalah bengkel memang pusiiing pas belum dpt yg terbaik yaa. Jujurnya aku ga liat planet ban ini Deket rumahku. Suami dulu ada langganan bengkel terpercaya, tapi pas teknisi andalannya resign, jadi ga bagus lagi pelayanannya mba.

    Akhirnya sejak itu kalo mau service ya di bengkel resmi kendaraan. Kalo motor di Yamaha, kalo mobil auto2000.

    Mungkin kalo ada planet ban Deket rumah, ya kesitu juga 😄

    BalasHapus
  2. Masih mending Mbak Ida, bisa bawa kendaraan sendiri dibanding saya yg hanya tahunya dibonceng kemana-mana, hahaha. Penting banget ini soal servis motor, demi menjaga keselamatan diri, motor hafus memikiki performa yg baik. Oh yah, Planet Ban ada di daerah mana saja yah?

    BalasHapus
  3. Bagian penting motor ini memang kudu diperhatikan, karena kalau salah satu kurang oke, bisa kurang nyaman dikendarai.

    BalasHapus
  4. Aku juga jarang banget pergi sendiri naik motor dan lebih suka dianterin sih kalau naik motor. Sering banget nih kalau ke servis motor seringnya ganti oli.

    BalasHapus
  5. aku ga pernah pergi sendiri naik motor soalnya ga bisa naik motor, jadi aku kemana2 sama suami diantar hehee

    BalasHapus
  6. kalau ingin kendaraan tetap sehat dan fit selalu memang harus selalu dijaga dengan service rutin ya. Tempat servisnya oke juga nih mbaa

    BalasHapus
  7. Huhuhu iya banget, servis motor rutin bikin motor selalu tampil prima ya teh. Nah aku, suka kelupaan. Jangankan servis, ganti oli aja kudu diingetin suami. Payah. Tapi Planet Ban ini memang bagus. Suami juga kalo servis dan ganti oli motor, sebisa mumgkin ke sana. Olinya berkualitas, teknisinya berpengalaman.

    BalasHapus
  8. gak cuma bisa mengendarai motor saja, tapi harus juga bisa merawat dengan baik dan servis rutin ya Mbak, biar motornya juga gak ngambek di jalan.

    BalasHapus
  9. Iya juga ya, kalau dirawat dengan baik performanya pun bisa tetap bagus dan kalaupun dijual harganya gak jatuh sekali. Jadi pengalaman ya mbak dan noted juga nih buat saya biar tahunya gak cuma pake motor saja tapi harus rutin juga dirawat termasuk membawanya ke tempat service terbaik seperti di Planet Ban ini

    BalasHapus
  10. Wis kalau mau enak mesin motornya, mesti rutin service motor dan terutama ganti oli sih kalo aku. Selain itu ya penting juga untuk cek ban, rem, dll. Bersyukur sekarang ada Planetban yang di mana saja ada gerainya. Tinggal luangkan waktu mampir untuk servis dah.

    BalasHapus
  11. servis motor penting sih untuk dilakukan secara rutin. demi kenyamanan kita juga. aku paling deg2an kalo udah ngadat/ mogok di tengah jalan xD

    BalasHapus
  12. kalo aku servise motor kalo sudah males diajak lari, yang rutin sih ganti oli

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^