blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

26 Des 2018

Tips Traveling Murah | Kisah Sepenggal Pagi di Flores

Tips Traveling Murah   Bulan Juli tahun 2018 yang lalu alhamdulillah berkesempatan untuk bisa jalan-jalan ke Labuan Bajo di Flores Nusa Tenggara Timur.  Sebuah pengalaman yang luar biasa dan tentu saja tak akan terlupakan.  Tulisan tentang pengalaman ke Labuan Bajo ini saya tulis di blog khusus traveling di idajourneys,com.  Labuan Bajo sepenggal tanah surga di bumi pertiwi ini memang sungguh tempat wisata yang luar biasa indahnya.

Sepertinya setiap tempat wisata sudah saya tulis di blog itu, namun ada sebuah kisah yang hampir luput dalam perhatian.  Kisah suatu pagi di sebuah desa di Flores yang tak mungkin kulupakan karena itu adalah pagi yang paling unik dalam hidupku. Kisah saat kami tersesat di sebuah desa di flores yang membuat perjalanan kami berbeda karena tidak hanya berwisata tetapi jadi sedikit tahu tentang keseharian penduduk asli setempat.

Tips Traveling Murah
Suasana sebuah desa di Flores


Menyaksikan pagi yang luar biasa, kesibukan pagi di sebuah desa yang penduduknya kebanyakan berternak sapi.  Pagi-pagi saya melihat sebuah 'kesibukan' anak-anak yang berlari-lari riang ke sekolah.  Sementara di rumah-rumah panggung khas Flores saya melihat orang tua yang termangu di balik jendela memandang ke luar entah apa yang dilihat atau yang dipikirkannya

Tips Traveling Murah

Sapi-sapi sibuk berkeliaran bahkan ada yang di tengah jalan segala.  Di arah lain saya melihat seorang anak laki-laki yang terperangkap dalam tubuh dewasanya berlari ceria mungkin hendak membeli sesuatu di warung. Dua hari di Flores dua kali pula saya menemukan anak kecil yang terperangkap dalam tubuh seorang dewasa... Entah apa penyebabnya..... 

Kenangan manis saat traveling ke Labuan Bajo ini bermula ketika kami mengendarai motor mengejar sunrise untuk objek foto eh malah tersesat ke sebuah desa yang terpencil dari kota Labuan Bajo.  Selain terpencil desa itu merupakan ujung karena ternyata jalan yang kami lalui merupakan jalan buntu, ujung dari jalan itu ya desa itu.  Jadilah kami menikmati pagi yang berbeda dari biasanya...

Kelebihan Traveling Tanpa Paket Tour


Itulah salah satu keasyikan  traveling dengan  tidak ikut paket tour, di samping segala kekurangan-kekurangan yang ada ternyata ada kelebihannya juga.  Apa saja sih kelebihan traveling tanpa paket tour ?  Berdasarkan beberapa pengalaman ini dia beberapa yang saya rasakan:

  • Bisa bebas kemana saja tidak terikat waktu dan tempat-tempat yang harus dikunjungi. 
  • Bisa menemukan pengalaman-pengalaman asyik yang tidak mungkin didapatkan kalau ikut paket tour. 
  • Biaya lebih murah karena tidak perlu ada biaya untuk guide dan beberapa biaya lainnya.
  • Lebih Privasi karena tidak bergabung dengan orang-orang yang tidak kita kenal sebelumnya.

Sebetulnya ke Labuan Bajo tidak murni mandiri, selama tiga hari dua malam kami ikut juga paket tour karena harus menggunakan kapal besar dari pulau ke pulau di Kawasan Wisata Taman Nasional Komodo. Selain itu kami juga mengikuti paket City Tour setengah hari lebih lah hahaha... Nanggung soalnya rencananya tiba-tiba.  Jadi ikutnya setelah siang menjelang, untung harganya pun dikurangi.

Namun dua hari tanpa paket tour di Labuan Bajo jadi kisah tersendiri karena pengalamannya yang luar biasa, dari mulai tersesat di sebuah desa di Flores, berkeliling naik motor ke daerah-daerah terpencil di Flores yang suasananya cukup mencekam karena sangat sepi dan terpencil sampai terjatuh dari motor.  Pengalaman yang tak mungkin didapatkan kalau kita ikut paket tour kan?

Ikut paket tour dan tanpa paket tour membuat saya jadi tau kelebihan dan kekurangannya.  Semakin sering kita jalan-jalan, karena jam terbang pun semakin tinggi artinya dari sisi pengalaman sudah banyak maka lebih asyik bila traveling tanpa ikut paket tour karena banyak pengalaman seru yang akan kita dapatkan.  Selain tentu saja biayanya jadi jauh lebih murah.

Sebetulnya zaman sekarang traveling bisa murah kok, asal tau tips dan triknya.  Saya sempat terheran-heran dengan cerita seorang traveler yang bisa jalan-jalan ke Mianmar cuma berbekal uang 500 ribu rupiah saja.  Duh kok bisa ya...?  Sayang engga sempat ngobrol banyak dengannya.  Tapi kalau dari pengalaman jalan-jalan sih jadi kebayang apa yang bikin traveling jadi murah meriah itu.

Tips Traveling Murah
pesawat terbang low budget

Biasanya yang memakan budget besar traveling jarak jauh tuh di transportasi dan penginapan.  Jadi supaya murah harus pinter-pinter nyari tiket pesawat yang murah dan biaya penginapan yang murah.  Beberapa kali saya sempat mendapat harga tiket pesawat yang murah dan memesan hotel dengan harga yang murah juga.  Saat ke Labuan Bajo Flores saya pesan jauh sebelum keberangkatan, alhamdulillah mendapat harga tiket promo yang cukup murah.

Untuk hotel pernah lho kita bisa memesan hotel dengan tipe suite room lengkap dengan dapur, laundri, ruang tamu, ruang makan yang harga per malam nya dua juta lebih eh kita hanya perlu bayar 700 ribu an per malam.  Terus karena kita bertiga, jadi dibagi tiga deh, luar biasa kan bayar murah dengan hotel yang nyaman plus view yang luar biasa dan bisa berenang di sky pool dengan bebasnya. Jadi terkadang murah itu tidak identik dengan kesederhanaan juga yak hahaha...

Tips Traveling Murah


Beberapa yang bisa kita lakukan bila ingin traveling tapi budget terbatas.  Bisa kok ternyata ,,,, apa sajakah  itu ? Ini Dia Tips nya.. :)

Melakukan Riset


Sebelum melakukan traveling terlebih dahulu kita harus mencari tahu tentang tempat wisata yang akan kita tuju.  Tentang harga, fasilitas, jarak dan hal lainnya yang berkaitan dengan tempat wisata, kita bisa bertanya pada om google atau pada teman-teman yang sudah memiliki pengalaman ke sana.

Mencari Informasi Tiket Pesawat Promo


Memiliki banyak jaringan berupa grup-grup traveling sepertinya akan memudahkan kita mendapatkan informasi tentang tiket pesawat promo ini.  Biasanya setiap tahun secara berkala selalu saja ada tiket pesawat yang murahnya ampun-ampunan.  Memang harus gerak cepat sih, karena tiket pesawat promo ini banyak sekali peminatnya jadi suka rebutan dan cepat sekali habis.

Hotel Budget di Labuan Bajo Flores murah tapi tetap nyaman dengan view pelabuhan yg indah

Mencari Hotel dengan Harga Diskon


Alhamdulillah saat traveling ke beberapa tempat selalu mendapatkan harga hotel dengan harga diskon.  Memesan melalui aplikasi seperti pegipegi sering mendapat diskon yang lumayan bisa menekan budget traveling kita.

Memilih Hotel Budget


Bila tidak sempat mendapatkan hotel dengan harga diskon, kita bisa memilih hotel budget saja.  Walau tidak senyaman hotel berbintang tapi hotel budget juga nyaman kok, terlebih kalau di hotel hanya untuk sekedar tidur dan mandi saja.  Seperti saat di Bali hanya beberapa jam saja digunakannya karena tiba di hotel pukul 23 lebih eh bada shubuh sudah ada di bandara.  Sayangkan kalau memesan hotel mahal.

Memilih Waktu Low Sea Soon 


Kemarin saya sempat mencari hotel dan tiket pesawat untuk liburan akhir tahun ternyata harganya luar biasa bo...Memesan tiket jauh sebelum hari H atau memilih waktu liburan saat bukan waktu libur adalah cara tepat untuk menekan budget traveling.


Mengajak Teman


Dengan mengajak teman kita bisa berbagi biaya di banyak post seperti transportasi, makanan maupun penginapan bahkan kuota..hahaha pengalaman deh.  Tentu saja traveling juga lebih asyik dan lebih aman bila bisa bareng teman-teman.  Ajaklah teman yang kesukaannya sama atau kurang lebih mirip lah dengan kita.  Karena kalau berbeda bisa ribut di jalan, yang satu ingin treking ke gunung yang satu ingin snorkeling ke pantai  kan bingung ..hihi..

Jalan-jalan bermotor ria saat traveling itu mengasyikan

Menyewa Motor


Di beberapa kota atau negara selalu tersedia tempat sewa sepeda motor, percayalah mengunjungi tempat-tempat wisata dengan motor memiliki sensasi tersendiri.  Di Bali, Labuan Bajo, Solo dan Thailand saya sempat menyusuri tempat-tempat wisata dengan menggunakan motor dan itu asyik sekali,


Gunakan Kendaraan Umum


Menggunakan kendaraan umum bisa menekan budget juga, karena biasanya kalau memakai mobil taksi online harganya cukup lumayan.  Di beberapa negara kendaraan umumnya sudah luar biasa rapi seperti di Singapura dengan MRT nya Kuala Lumpur dengan LRT nya.  Di Indonesia khususnya di Jakarta saat ini bisa pakai busway yang luar biasa murah dari ujung ke ujung bisa hanya Rp 3000 saja ... Nanti kalau MRT bisa lebih nyaman lagi mungkin.

Di daerah-daerah di Indonesia angkot bisa jadi pilihan juga walau saya tidak terlalu merekomendasikan karena sering ngetem lama banget.  Tapi kalau kita nyantai tidak dikejar waktu bisa kita kita nikmati sih apalagi berada di tempat-tempat yang baru kita lihat, kita bisa menikmati suasananya.

Bukit Sylvia salah satu tempat wisata gratis yang indah pemandangannya

Mengunjungi Tempat Wisata Gratis atau Promo


Mengunjungi tempat wisata yang masih baru biasanya suka ada promo, pilihlah tempat wisata seperti itu agar bisa menekan biaya travel. Di Labuan Bajo saat melakukan traveling mandiri kami menemukan tempat-tempat wisata gratis namun indah sekali.  Bukit Cinta, Bukit Sylvia, Pantai di dekat Bukit Sylvia merupakan tempat-tempat indah di Labuan Bajo yang gratis.

Makan di Pinggir Jalan


Kalau ini terus terang belum pernah saya lakukan saat traveling hahaha...  Tapi membeli makanan di pinggir jalan memang jadi solusi untuk menekan budget.  Pernah juga sih waktu jalan-jalan ke Jogja makan pecel di gerbang Pasar Bering Harjo, itu pecel laku banget tapi rasanya kurang enak ternyata.  Waktu di Thailand juga pernah tapi berupa pasar malam yang dibuka di sepanjang pinggir jalanan besar Ao Nang.  Memang harganya lebih murah dibanding di cafe atau resto.


Inilah tulisan Tips Traveling Murah | Kisah Sepenggal Pagi di Flores, alhamdulillah bisa menikmati pengalaman yang luar biasa karena traveling mandiri tanpa ikut paket tour.  Semoga tulisan ini bermanfaat ya teman-teman.



67 komentar :

  1. wah seru yaa..pake acara tersesat segala..tapi berkesan dan tak terlupakan. kalo mau jalan2 ke Labuan Bajo ala2 backpacker bisa tanya2 dl sm teh Ida nih. tfs teh Ida..

    BalasHapus
  2. Wah udah ke tempat favorit ini ya..kebetulan saya juga berasal dari sana..semoga menyenangkan dan meninggalkan kesan positif ya mba

    BalasHapus
  3. Serruu banged siy Mbaa pengalamannya, jadi nggak masalah ya meskipun sedikit nyasar malah jadi menambah pengalaman.

    Untuk tipsnya makasih ya Mba, soalnya tahun depan berencana mau liburan bareng teman2 jugaa.

    BalasHapus
  4. Iye Teh Indonesia itu indah tapi sekarang harga tiket pesawat ngga ada yang murah, semua season sama mahalnya malah lebih murah ke luar negeri huhu semoga 2019 bisa ke Labuan Bajo aamiin tfs ya teh tipsnya

    BalasHapus
  5. Subhanallah, indahnya flores.. selama masih diberikan kesehatan serta rezeki, InshaAllah bisa menelusuri setiap sudut daerah di Indonesia ya teh.. ngga bosen-bosen aku baca blog teteh ini.. banyak hal-hal baru yang aku dapat.. Alhamdulillah

    BalasHapus
  6. iya ya mba bener banget kalau kita liburannya pas low seasson lumayan berhemat banyak loh, harga tiket gak semahal pas lagi musim liburan

    BalasHapus
  7. Aku juga suka banget liburan pas low seasson mbak. Harga tiket Dan hotel lebih murah sari biasany. Lumayan banget buat tambah uang saku saat wisata

    BalasHapus
  8. Luar biasa ibu pengalaman travellingnya nih. Aku jadi mupeng bu, semoga 2019 kondisi sehat lahir batin cuaca bagus jalan deh hahaha. Aamiin

    BalasHapus
  9. Kapan ya bisa jalan2 kaya mba ida?? Harus dipersiapkan dengan matang ya kalo mau travelling ala beckpakeran, indonesia timur memang memiliki keindahan tersendiri ya mba

    BalasHapus
  10. Jadi ingat mudik kemarin keliling semarang, solo, salatiga dengan budget yg lumayan murah.. Kalau di kota enaknya ada grab jadi masih nyaman ^^

    BalasHapus
  11. Wah pas.... Sama banget. Akupun jarang banget pake paket tur. Lebih banyak jalan sendiri sih. Yang penting juga adalah buat itinerary ama hunting tiket pesawat jauh jauh hari. Semua aman terkendali

    BalasHapus
  12. jadi kangen travelling.. seru banget ya flores itu, lom pernah aku kesana.. moga kedepannya ada kesempatan buat aku bisa berkunjung ke flores..

    BalasHapus
  13. Menarik bisa traveling dengan biaya murah.

    Promo tiket dan hotel bikin kita semangat untuk jalan jalan

    BalasHapus
  14. seru banget ya teh sampe kesasar pulak tapimalah jadi best moment ya :) aku juga pengen nih jalan-jalan kayak teh IDa kalau anak2 udah pada besar jadi ajakin teman deh :)

    BalasHapus
  15. Wah informasi dan tips travellingnya lengkap banget mba, pas banget buat acuan aku buat ngetrip nanti nih. Soal keindahan pemandangan flores emang dari dulu aku udah sering dengar dr teman2 dan lihat di media2. Duh kapan yah bisa kesana, hehehe.

    BalasHapus
  16. Asyyiiiikkk ketemu blog travelling lagi :D
    Tosss mba, Ujame juga no travel travel club. hihihi Lebih seru ngebolang dan explore sendiri.
    Kita jadi tau banyak hal ya, mbak. Kalo nyasar mah biasalah, malah makin seru :D

    Aaaaahhh semoga bisa ke Labuan Bajo suatu saat nanti. Aamiin Yaa Allah...
    Doain ya, mbak :D

    BalasHapus
  17. Asyik bangat kisah nyasarnya Teh Ida, jadi penuh pengalaman yang berkesan ya :)

    Duuuh itu dia, cari tiket promo dan hotel murah itu perlu bangat untuk menekan biaya, makasiih Tipsnya Teh Ida :)

    BalasHapus
  18. Saya selalu merasa tertantang setiap kali melihat dan membaca kisah teman-teman yang keren backpaperan.
    Menanti anak2 gedean dikit deh buat menjajal traveling ala backpaper gini.
    Asyik banget bisa hemat budget traveling :)

    BalasHapus
  19. iyess mba.. menyewa motor itu bikin libran jadi tambah irit dan enak ya. bisa ke mana2. apalagi sekaranng enak dan mudah ada GPS. peluang kesasarnya jadi makin kecil....

    BalasHapus
  20. Aku pernah sekali traveling pake jasa tour, nggak tenang dan kurang puas gitu hehe. Beda banget kalau travelingnya tanpa tour, lebih bebas, mau ngapain aja, kemana aga hayukkk

    BalasHapus
  21. Wah, boleh-boleh nih tipsnya. Biar liburan jadi menyenangkan ya. Kebayang deh kalo liburan tanpa riset. Bakal gak seperti yang dibayangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teh Ida, ajak aku lah kalo mau traveling. Apalagi yang budgetnya murah kayak gini. :D

      Hapus
  22. MasyaAllah bagus banget ya Flores. InsyaAllah sampai juga kesana...enak kalau bawa keluarga ya?

    BalasHapus
  23. Wah asik banget bisa liburan ke labuan bajo, dulu sih aku juga senang backpacker kayak gini tapi sejak punya anak rasanya jadi lebih praktis kalau ikutan tur aja hehe

    BalasHapus
  24. Kalau pas kejadian rasanya serem ya mbak kalau tersesat.. tapi kalau diingat ingat gini, rasanya jadi pengalaman yang menyenangkan..

    BalasHapus
  25. Indonesia timur cantik2 banget yaa.. pingin deh suatu saat bisa ke Flores. Btw, aku juga lebih seneng pergi tanpa travel agent :)

    BalasHapus
  26. Aku setuju banget travling tanpa paket tour, soalnya lebih flexible.. tapi emang perencanaan juga harus matang yaa

    BalasHapus
  27. Aku dari dulu pengin banget bisa lihat Indonesia wilayah timur. Kayanya masih eksotik dan belum terlalu terpapar polusi ya mba. Pasti masih banyak pesona yang asli ya

    BalasHapus
  28. Catat! Jalan sendiri memang lumayan enak, tapi memang banyak ceki2 promonya biar bisa dapat tiket murah dan hemat budget

    BalasHapus
  29. Pengen banget bisa traveling ke Labuan Bajo. Harus rajin nabung dan sering lihat promo seputar traveling nih agar impian traveling ke Labuan Bajo bisa segera terwujudkan.

    BalasHapus
  30. Saya sekeluarga juga lebih suka jalan-jalan tanpa paket tour. Biar bisa lebih bebas mengatur waktunya. :)

    BalasHapus
  31. Kadang kepingin deh ikut paket tour kyk gini.. walaupun padet tapi gk pakai nyasar trs dh rau tempat2ny

    BalasHapus
  32. Kadang jalan sendiri ga pake tour itu malah asyik karena nyasar2nya itu yg dicari hehehehe

    BalasHapus
  33. mbak, itu kalo solo traveling masih oke kan ke daerah itu? aku lebih suka sendirian aja mbolang ke sana sini. relatif aman buat jomlo kan ya? ^^"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya sarankan sih bawa teman Mba...Perempuan sendirian ke tempat jauh berbahaya lah... Kan ada tu kisah nyata di luar negeri traveler solo yang dibunuh..ih ngeri...bagusnya ada muhrimnya.. Minimal teman2 perempuan lah..Hihi..Maaf kalau nanya ke akuh gini jawabannya...

      Hapus
  34. mantap jalan2nya. pegi2 sangat membantu sekali ya. aku juga dah pernah keliling flores di 8 kabupatennya. tapi itu gratis. makanya suka bingung mau berbagi tips buat perjalananku.

    BalasHapus
  35. Wah makasih banyak bocorannyaaa mba.. aku pengen ke sini dengan anak-anak dan suami. Aduk kebayang serunyaaa ya

    BalasHapus
  36. Wow, ke Flores seru juga ya. Kalau jalan jauh keluargaku belum pernah sih, paling pas di Padang itu kami jalan-jalan

    BalasHapus
  37. Aku jarang ikut paket tour mbak biasanya sendiri aja kecuali sewa kapal misalnya saat ke Pahawang

    BalasHapus
  38. Keindahan alam di Flores memang bagus-bagus deh ya. Aku belum pernah dan malah pengen euy. Memang benar sih kalau travelling tanpa travel tuh jadi bebas kemana aja. Hehhe

    BalasHapus
  39. Duh senangnya bisa ke Flores,, aku sendiri belum pernah kesana kak. Doakan aku ya semoga lekas kesana.

    BalasHapus
  40. Malah bebas ya mba kalo bisa traveling sendiri tanpa travel agent

    BalasHapus
  41. aahh iya mak sesekali pengen nyobain travelling tanpa paket tour nih. jd lebih seru kyknya, ampe pake tersesat jd bisa banyak berinteraksi dgn warga setempat :)

    BalasHapus
  42. Aku percaya, sama seperti beberapa hal dalam kehidupan ini, masing-masing itu pasti ada plus minusnya, ya, mba.

    Tinggal pilih sesuai kebutuhan.



    BalasHapus
  43. Indah sekali rumah2 di flores ya mba, semoga suatu saat saya bisa kesana juga :)

    BalasHapus
  44. Kyaak~
    Kebayang ke Labuan Bajo...alangkah bahagianya, teteh...
    Pemandangan alamnya yaa...mashaAllah~

    BalasHapus
  45. Traveling murah tapi menyenangkan itu yg aku cari kak. Makasih sharingnya y kak

    BalasHapus
  46. Masyaallah teh, selalu mupeng klo udah baca perjalanan teh Ida. Belum pernah ke Flores. Semoga bisa menjejak kaki ke sana.

    BalasHapus
  47. Kangen Flores. Aku pernah ke sana sekali, tapi buat pekerjaan jd gak bisa benar2 menikmati. Udh gtu waktu itu leptopku rusak di sana jd foto2ku ilang. Moga kelak bisa kembali ke sana aamin

    BalasHapus
  48. Mba, tulisanmu ini sungguh membuatku pengin juga jalan ke Flores. Sama sekali belum pernah ke sana nih, soalnya butuh dana yang lumayan juga ya. Semoga suatu saat kesampaian jalan2 ke Flores bareng keluarga lah.

    BalasHapus
  49. Kalau saya sih lebih suka liburan bukan di musim liburan. Selain karena harga2 tiket dan penginapan melambung tinggi, saya juga malas kalau datang ke tempat wisata yang terlalu bejibun pengunjung. Jadi nggak bisa menikmati objek wisatanya.

    BalasHapus
  50. Ahh..seru kayaknya ke Flores ya. Belum pernah kesana aku

    BalasHapus
  51. Traveling murah meriah dan seru itu kayaknya dambaan semua orang

    BalasHapus
  52. Penting banget emang ya Mbak bisa nyetir, baik mobil maupun motor. Klo traveling gini kan bisa rental motor atau mobil lalu nyetir sendiri ya, jadi hemat budget, heheh.
    Jadi pengen juga ih mengunjungi Flores ini.

    BalasHapus
  53. Mbaaa... Suka deh liat postingannya jalan2 mulu. Jalan2nya jauh2 lagi. Saya juga sama mba, suka kagum sama orang yang bisa jalan2 murah. Itu kok bisa ya. Tapi ternyata dibocorin tipi2 disini. Hihi

    BalasHapus
  54. Yang penting dana disiapkan dulu...berlebih..he2, tapi diusahakan dihemat..

    Jangan sampai dana pas2san... Karena namanya perjalanan ada kalanya banyak terjadi yg tak terduga..

    BalasHapus
  55. seru yaa kalau traveling ala backpacker seperti cerita di atas. Memang lebih murah dibanding ikut paket tour. Aku juga pernah baca buku dari traveler yang ke Flores terus doi wisata live in gitu dengan para penduduk lokal*

    BalasHapus
  56. Seru sekali ya perjalanannya.. Semoga tahun ini bisa ke Labuan Bajo juga. . dengan paket hemat heheh

    BalasHapus
  57. Kalau dapat tiket promo memang menyenangkan banget. Bisa lumayan tuh diskonnya. Asik deh jalan-jalannya, Mbak

    BalasHapus
  58. Hi mba Ida,

    Aduh pengen banget ke Flores, belum kesampean :)
    Tipsnya iya banget nih buat traveling mandiri ^^> mesti rajin mantengin tiket (paling penting) biar promo

    Cheers,
    Ogie

    BalasHapus
  59. Selalu mupeng setiap kali ada cerita ttg labuan bajo. Semoga suatu saat nanti bisa ke sana. Trmksh infonya..

    BalasHapus
  60. Murah atau mahal sebenarnya relatif, sebab mahal ubtuk si A, tapi belum tentu mahal bagi si B.


    Untuk soal makan di pinggir jalan, itu bener banget. Karena kalau makan di tengah jalan nanti bisa ditabrak ojol. Ahahaha *kidding

    BalasHapus
  61. Kalau saya pribadi emang lebih suka jalan sendiri, tnpa pake tour agent. Banyak hal tak terduga yang kita dapati selama traveling dan itu tidak akan ditemui di tempat lainnya

    BalasHapus
  62. Seru banget jalan-jalan Floresnya mbak.
    Saya setuju. Saya lebih suka jalan sendiri. Mandiri. Semuanya saya urus sendiri. Pernah sekali ikut tur, waktunya terbatas banget. Kita diburu waktu. Mungkin karena keseringan backpackeran kemana-mana, saya jadi nggak menikmati paket tur itu.

    BalasHapus
  63. Biar ngirit memang lebih asik pakai kendaraan umum, seru aja kan kan

    BalasHapus
  64. Travelling murah itu emang pinter-pinternya kita ngatur segala sesuatunya. Kalo direncanain sih bisa jadi lebih murah daripada yang dadakan, ya kan.

    BalasHapus
  65. Nyasar-nyasar pas jalan-jalan memang seru banget. Plus deg-degan gimana balik ke rute yang diinginkan. Tapi kalau jalan-jalan hemat, memang enak bareng teman, soalnya semua biaya bisa dishare. Cuma, kalau bareng teman terus nyasar, harus dipastikan temannya juga punya jiwa petualangan yang sama. Kalau gak, pasti berantem.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^