**/ Cerita Ida : Tips Memanfaatkan Waktu Liburan

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

9 Des 2018

Tips Memanfaatkan Waktu Liburan


Tips Memanfaatkan Waktu Liburan  Sabtu dan Minggu bagi kebanyakan orang merupakan hari liburan.  Namun berbeda dengan kebanyakan orang,  hari Sabtu dan Minggu bagi saya dan keluarga sepertinya bukan hari libur.  Contohnya hari ini saja, agenda padat merayap dari pagi hingga sore, mulai dari pengajian sampai rapat.  Kalau bukan rapat kegiatan organisasi, ya..terkadang suka ada acara blogger.  Pun demikian dengan suamiku sepertinya Sabtu dan Minggu lebih banyak di luar rumah. 
Karena sudah terbiasa seperti itu jadinya itu bukan sebuah masalah bagi kami.  Anak-anak pun tidak ada yang protes, mereka sudah dibiasakan dengan kondisi seperti itu.  Kalau sampai hari Sabtu dan Minggu bisa kumpul semua itu merupakan hal yang sangat luar biasa bagi kami.  Dan sesuatu yang istimewa ini harus kami manfaatkan sebaik-baiknya.  

So apa yang kami lakukan kalau kebetulan bisa kumpul bersama di hari Sabtu dan Minggu ?  Ini dia Tips Memanfaatkan Waktu Libur ala Cerita Ida.


Masak Bersama


Ini yang paling sering kami lakukan, karena suamiku hobi masak, ada saja usulan untuk membuat sesuatu sebagai cemilan di hari libur.  Tapi biasanya kalau dilakukan bersama-sama, cemilan yang dibuat berdasarkan pesanan anak-anak.  Jadi mereka semangat masak bareng karena masakan yang dibuat keinginan mereka sendiri.

Olah Raga Bersama


Olah raga yang paling sering kami lakukan bersama-sama ya jalan kaki,,hehe...  Usai jalan kaki biasanya kami belanja sesuatu yang memang kami perlukan.  Terkadang selain jalan kaki, kami pergi ke kolam renang, berenang bersama keluarga memang mengasyikan.

Nonton Bareng


Kegiatan ini kami lakukan saat anak-anak belum sebesar sekarang.  Karena kami tidak memiliki televisi, dulu nonton bareng merupakan kegiatan yang dinantikan dan menyenangkan.  Nontonnya cukup di rumah saja sih..Sambil nonton biasanya kami menyantap sesuatu bersama-sama.  

Kerja Bakti


Sebenarnya ini kegiatan yang jarang kami lakukan ... , sesekali saja sih misalnya kalau rumput depan rumah sudah cukup tinggi sementara tukang kebun langganan belum datang juga.  

Makan di Luar


Makan di luar cukup sesekali saja ga perlu dilakukan di tiap akhir pekan.  Tempatnya pun tidak perlu yang jauh-jauh.  Cukup agar bisa menikmati kebersamaan dengan cara yang berbeda saja atau bila sedang malas masak di rumah.

Berwisata Bersama Keluarga


Berwisata bersama keluarga akan memberikan kenangan manis dalam hidup anak-anak jadi hal ini juga diperlukan.  Tak perlu sering-sering karena kalau sering tidak ada lagi menjadi sesuatu yang istimewa.  Selain itu juga berwisata kan membutuhkan budget khusus, jadi memang harus dianggarkan.

Tapi waktu anak-anak masih kecil kami sering sekali berwisata, wisata keluarga yang paling sering kami lakukan adalah ke toko buku ..hehe... Belanja buku kemudian pulangnya makan bersama di luar, itu saja sudah merupakan hal yang sangat menyenangkan.  Positifnya anak-anak tumbuh menjadi anak yang senang membaca.  Sekarang hal ini sudah sangat jarang kami lakukan, karena kesibukan masing-masing yang terus meningkat.

Me Time


Menggunakan waktu libur dengan kegiatan masing-masing yang bermanfaat juga terkadang perlu.  Ini kalau tidak ada agenda bersama ya jadi me time masing-masing...  Kalau saya sih digunakan untuk menulis, suami juga di depan laptop nya belajar sesuatu yang baru.  Kebiasaannya membaca ebook berbahasa Inggris membuatnya tau banyak hal terkait teknologi komputer, website atau internet ...  

Sementara itu anak-anak asyik juga dengan kegiatan masing-masing.   Anak-anakku yang laki-laki memang anak-anak rumahan jarang mau main ke luar atau ke rumah temannya. Mereka asyik dengan hobinya masing-masing.  Justru si bungsu yang perempuan malah sering minta diantar jemput ke rumah temannya kalau sedang hari libur.

Itulah beberapa Tips Memanfaatkan Waktu Liburan ala-ala Cerita Ida, semoga ada manfaatnya ya teman-teman... :)

14 komentar :

  1. Masak bareng seru juga ya kayanya teh, ngeliwet dan makan bareng kumpul sama temen-temen <3

    BalasHapus
  2. Rerata dikeluarga Bunda sering Me Time adapun wisata biasanya kalau Lebaran pas pada pada ngumpul

    BalasHapus
  3. Ya ampun dari beberapa aktivitas bersama itu aku terharu dengan acara masak bersama. Jarang2 lho mbak satu keluarga ke dapur bareng trus masak bareng. Aku aja kalau dirumah sama ibu pasti cuma kami berdua doank hehe
    Ngebayanginnya happy banget :)

    BalasHapus
  4. Jalan-jalan keliling lingkungan sekitar tempat tinggal juga bagus, sekalian mengajarkan anak-anak buat mengenal tetangga sekitar yang dijumpai.
    Serunya kalau udah bersua dengan pedagang penganan / makanan, langsung serbu aja oleh semua. Akhirnya nular juga senangnya ke pedagang itu, :-)

    BalasHapus
  5. Kalau daku manfaatkan waktu libur dengan tidur, nyuci n nyetrika, bahkan kadang gerecokin Ponakan, wkwkwk

    BalasHapus
  6. seru seru ya acaranya. Gembira dan membangun kedekatan juga ya

    BalasHapus
  7. Bener banget mbak liburan bareng kelurga itu lebih berkesan sampai anak2 dewasa. Aku Inget banget liburan aku saat masih TK dl ke pantai sama kelurga masih inget banget ngapain aja disana

    BalasHapus
  8. Masak bersama nih asik, anak aku kan cewek semuanya. Seru meski rumah berantakan

    BalasHapus
  9. Makasih ya tipsnya. Bisa nih klo.dapat waktu libur ngikutin tipsx berwisata bareng keluarga

    BalasHapus
  10. Waah banyak pilihannya ya isi liburan, agar tetep seru, tetep manfaat.
    Noted mba, makasih yaa

    BalasHapus
  11. Yg pasti kalo liburan, aku slalu pgnnya keluar :D. Kaki jalan banget lah pokoknya. Kalopun ga bisa jauh, pilih staycation sekitaran jakarta jg gpp, yg ptg bukan di rumah aja hahaha.. Ntah napa kalo cuti tp ttp di rumah, aku ga ngerasain efek liburannya :)

    BalasHapus
  12. Berwisata bersama keluarga yang paling saya suka. Kalo lagi mager paling nonton bareng di rumah.

    BalasHapus
  13. Kerja bakti belum menjadi agenda kebersamaan kami sekeluarga nih dirumah.. idenya menarik juga mba, jadi ada ide untuk mengisi liburan anak dirumah nih, anak-anak diminta untuk beres2 kamar dan kolaksi buku serta mainannya

    BalasHapus
  14. Liburan biasanya enak kumpul bareng temen, terus keliling jakarta wkwk..

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^