**/ Cerita Ida : 8 Tips Mencuci Piring

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

10 Des 2018

8 Tips Mencuci Piring


8 Tips Mencuci Piring  Sebagai ibu rumah tangga yang sudah malang melintang di dunia kerumah tanggaan..deuh bahasanya..hahaha... Saya merasakan betul kalau pekerjaan ibu rumah tangga itu banyak sekali.  Dari pagi sebelum shubuh sampai menjelang tidur selalu masih harus ada yang dikerjakan.

Setelah anak beranjak besar, barulah sedikit terbantu dengan tidak direpotkan lagi oleh hal - hal kecil mengurusi anak-anak.  Makanya penting sekali membiasakan anak menjadi anak mandiri yang bisa mengurusi mereka sendiri saat mereka besar.  Jadi ketika umur kita sudah beranjak tua dan tenaga sudah berkurang kita tak perlu menghabiskan tenaga terlalu banyak untuk urusan ruman tangga.  Tulisan 8 Tips Mencuci Piring ini juga bisa membantu teman-teman untuk lebih mengefesienkan waktu untuk mengerjakannya.

Kalau ada yang bertanya pekerjaan rumah tangga apa yang paling saya sukai?  Jawabannya adalah mencuci piring.  Selain karena pekerjaan ini adalah tugas saya sejak semasa kecil dulu, ternyata mencuci piring bisa jadi mood booster untuk melangkah ke pekerjaan berikutnya.  Kok bisa? Iya..hehe.. Kalau saya lagi malas ngapa-ngapain, pekerjaan pertama yang saya lakukan ya memaksakan diri untuk mencuci piring, setelah itu jadi mulai lebih bersamangat deh.

Jam terbang seseorang dalam melakukan sesuatu pekerjaan memang bisa berpengaruh pada kemahiran dia melakukan pekerjaan itu.  Tapi itu tidak sepenuhnya mutlak benar lho, terkadang kalau orang tidak mau belajar dari pengalaman atau menambah pengetahuan baru dari orang lain bisa juga stagnan, kemampuannya begitu-begitu saja.

Ini terbukti dari pegawai laundry saya, sorang karyawan yang tidak inovatif ternyata kapasitasnya tetap seperti itu, tapi beda ketika saya mempekerjakan karyawan seorang mahasiwi yang mau meng update ilmunya..  Mungkin dia belajar mencari tahu di google cara menyetrika yang cepat, ternyata memang kecepatannya bisa mengalahkan mereka yang sudah lama menyetrika dengan trik-trik tertentu yang saya juga baru tahu.

Pun demikian dengan mencuci piring, ada baiknya kita menambah pengetahuan kita tentang mencuci piring ini.  Bisa dari saling berbagi dengan ibu rumah tangga yang lain, bisa browsing di google cara mencuci piring yang efektif misalnya.   Siapa tahu ada ilmu yang kita tidak tahu yang bisa membuat mencuci kita lebih efektif efesen.

8 Tips Mencuci Piring 



  • Pilih sabun cuci yang berkualitas bagus dan ampuh membersihkan dan menghilangkan berbagai bau dari cucian kita.  Ini membantu kita mempercepat tugas mencuci karena tidak perlu dilakukan pengulangan karena cucian kita masih kotor.


  • Pilihlah spon yang bagus dan berkualitas, kalau tulisan ini sponsor pos sudah kutuliskan mereknya deh hahaha.  Agak mahal di awal tetapi terbukti lebih awet dan membantu mencuci lebih bersih.  Ciri spons yang baik adalah segera kembali ke bentuk semula setelah diperas baik dalam keadaan kering maupun basah.


  • Siapkan tempat sampah di dekat tempat cuci piring, buanglah sisa-sisa makanan pada tempat sampah khusus untuk sampah organik.  Sampah nasi bisa disimpan terpisah juga dan bisa dibuat sebagai pakan untuk hewan piaraan seperti ayam dan bebek.  Kalau saya khusus nasi suka digantung di pagar depan rumah nanti pasti ada yang mengambilnya, karena ada tetangga belakang rumah yang memelihara ayam. Khusus untuk minyak gunakanlah kaleng bekas.  Minyak memang cair tapi bisa berubah padat dalam keadaan dingin dan itu akan menempel pada pipa pembuangan sehingga saluran pembuangan jadi mudah tersumbat.


  • Merendam terlebih dahulu peralatan makan dan masakan kita sebelum dicuci akan membantu memudahkan proses membersihkannya.  Untuk hasil yang terbaik rendamlah panci atau wajan yang mengandung lemak dengan air panas.  Atau bisa saja langsung mendidihkan air di wadah yang mengandung lemak tersebut.  Pastikan untuk memisahkan cucian antara gelas, cangkir, mug dengan peralatan makan dan peralatan masakan lainnya.  Hal ini untuk mencegah noda dan lemak membandel tercampur.




  • Mencuci dengan urutan mencuci yang benar, cucilah terlebih dahulu gelas, cangkir, mug dan barang lainnya yang langsung bersentuhan dengan mulut.  Kemudian lanjutkan dengan sendok, piring, terakhir baru mencuci peralatan bekas memasak.


  • Apabila sedang memasak alangkah baiknya bila ada kesempatan, kita bisa sambil mencuci barang-barang yang mudah dicuci agar tidak menumpuk dan bercampur dengan peralatan masak yang kotor.  Cara ini terbukti ampuh membuat cucian mudah dibersihkan dan hati akan senang karena begitu masak selesai, pekerjaan cuci mencuci pun selesai atau hanya tinggal sedikit saja.


  • Setelah peralatan bersih, bila sedang tidak dikejar waktu pastikan untuk segera mengeringkannya dengan kain bersih ya.  Membiarkan cucian kering begitu saja berpotensi akan dihinggapi kotoran atau kuman yang banyak terdapat di udara. 


  • Bersihkan spon yang telah digunakan untuk mencuci agar kotoran dan kuman tidak berkumpul di sana.  Bilas kemudian cuci lagi dan baru dikeringkan.  Lebih baik lagi bila kita mensterilkannya secara berkala dengan air panas.  Gantilah spon secara berkala, bila sudah terlihat kotor.

Jangan sepelekan pekerjaan mencuci piring, karena kalau tidak benar mengelolanya bisa menjadi penyakit untuk kita. Dan bila tidak efektif pengelolaanya akan membuat waktu kita banyak tersita untuk urusan yang satu ini.  Memiliki kemampuan mencuci dengan cepat dan benar, akan banyak membantu kita untuk melakukan pekerjaan yang lainnya.  Semoga tulisan 8 Tips Mencuci Piring ini bermanfaat ya teman-teman.  

7 komentar :

  1. Maaf Bun, tampilan by mobile, nggak ada nomor 1-8 nya, jadi nggak kelihatan urutan 8 tips nya. apakah memang nggak ada nomornya? Soalnya daku by hape, bukan dari dekstop.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya maaf ternyata belum ditandain pake bullets heu... Makasih Mba Fenny :)

      Hapus
  2. Tips yang tidak biasa nih,Teh. Menarik.hehehe...

    BalasHapus
  3. Harus direndam dulu ya berarti sebelum dicuci. Makasih tipsnya mba

    BalasHapus
  4. Bener banget nyupir alias nyuci piring bisa jadi mood booster ke kerjaan berikutnya yang enggak ada habisnya hihihi
    Kalau bak cuci piring bersih jadi hepi..dapur juga nampak agak rapi.
    Tipsnya yang oke nih!

    BalasHapus
  5. Saya paling suka pekerjaan cuc piring. Idem mulai dr gelas dulu, lalu piring, terakhir sendok :D
    Pakai spon yang bagus sekaligus mainan sabun hehe

    BalasHapus
  6. Saya pernah coba pakai sabun cuci piring yang literan gitu. Hasilnya gak puas. Akhirnya balik lagi ke sabun cuci pring yang sudah punya nama :D

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^