**/ Cerita Ida : 5 yang Digunakan dan 5 yang Dilarang

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

15 Des 2018

5 yang Digunakan dan 5 yang Dilarang


5 yang Digunakan dan 5 yang Dilarang  Hari ini tema #BPN30DayChallenge2018 dari #BloggerPerempuan adalah tulisan tentang 5 Produk Kecantikan yang digunakan dan direkomendasikan.  Sempat bingung juga sih karena saya tidak biasa bersolek atau berdandan.  Dulu lebih-lebih lagi, bedak pun saya tak memakainya, seiring dengan waktu dan aktif menjadi blogger saya jadi mulai menggunakan bedak deh.


Menggunakan lipstik bisa dihitung dengan jari dalam sepanjang kehidupan di dunia ini, entahlah menggunakannya bisa atau tidak.  Mungkin belepotan yah kalau memakainya, tapi seumur hidup engga pernah punya lipstik, beberapa kali sempat dapat hadiah langsung saya kasihkan untuk teman-teman.  Di rumah pun pasti suami heran kalau melihat saya berdandan, sepertinya beliau lebih suka saya apa adanya, polos tanpa make up an jadi ya sudah ga usah repot-repot mempercantik diri dengan bermake up.

Lalu apa dong produk kecantikan yang saya gunakan dan rekomendasikan ?  Mungkin saya lebih ke skincare daripada make up ya.. Jadi yang sehari-hari saya gunakan adalah:

Krim Siang 


Sudah lama saya menggunakan produk krim siang ini, sempat berganti-ganti merk juga.  Akhirnya jatuh hati dengan merek produk yang saya endorse hehe... Jadi korban endorsan ceritanya, jadi beberapa tahun pakai krim siang merek tersebut, sempat mencoba juga produk endorsan lain sempat ganti tapi begitu habis malah kembali ke produk yang pertama.

Penting banget menggunakan krim siang karena kebanyakan krim siang mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas yang berdampak pada penuaan dini.  Krim siang juga biasanya mengandung SPF yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung.


Krim Malam


Sama halnya dengan krim siang saya memakai merek yang sama karena memang sepaket.  Krim malam  bermanfaat untuk memperbaiki kulit saat malam hari.  Ketika kita tidur kulit pun ikut beristirahat, nah saat itulah bahan aktif krim mudah masuk ke dalam kulit.  Ada yang beranggapan penggunaan krim malam tidak usah tiap hari karena kulit wajah pun butuh istirahat tanpa harus dibebani produk kecantikan apa pun.

Bedak


Sekarang saya selalu menggunakan bedak wajah bila keluar rumah, alasannya sih karena kulit saya terlihat seperti berminyak bila tidak menggunakan bedak,  Biasanya saya menggunakan bedak yang two way cake alias bedak tabur yang dipadatkan (eh bener engga sih...hahaha...)

Pembersih Wajah


Ini produk kecantikan yang wajib selalu tersedia tiap harinya.  Untuk mencegah penumpukkan kotoran di dalam pori-pori wajah yang berimbas pada munculnya flek pada wajah, saya selalu memaksakan diri membersihkan wajah saya. 

Masker 


Ini produk kecantikan yang saya gunakan seminggu sekali, biasanya saya menggunakan ini malam hari selama 30 menit saja saat suami tidak ada di rumah.  Masker yang saya gunakan berupa taburan spirulina yang ditambahkan minyak zaitun.  Katanya sih manfaat  dari penggunaan masker spirulina ini adalah untuk membantu mengankat sel-sel kulit mati.

Kandungan vitamin yang terdapat di masker spirulina ini mampu mengembalikan keremajaan kulit dan membersihkan kulit dari racun-racun yang berasal dari radikal bebas.  Masker spirulina juga dipecaya dapat memperkuat kinerja toner dalam membantu mengencangkan pori-pori kulit dan mencerahkan wajah.


Bersolek dalam Islam


Lalu Kenapa saya tidak menggunakan Produk Kecantikan yang gunanya untuk merias wajah atau bersolek ?  Mungkin karena tidak terbiasa saja sih dan saya selalu ingat ayat Al Qur'an dan  hadist Rasulullah yang mengatakan: 

"Dan Janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah dahulu"  (QS: Al Ahzab 33)   

Rasulullah SAW bersabda

"Aku telah melihat di dalam neraka.  Aku melihat kebanyakan penghuninya wanita.  Sebabnya mereka sedikit yang patuh pada Islam dan Rasulnya, kurang taat pada suaminya dan kuat bersolek"

Rasulullah SAW bersabda
"Siapapun wanita yang memakai wewangian kemudian melewati suatu kaum agar mereka mencium baunya berarti ia telah berzina"  (HR Imam Al Nasaaiy)
Sebagai hamba yang mempercayai bahwa Al Qur'an dan Hadist Rasulullah SAW sebagai petunjuk hidup yang akan menyelamatkan hidup di dunia dan akhirat saya harus komit dong yah... Meski secara hawa nafsu saya ingin terlihat cantik, ingin bermake up sesekali kalau ke luar rumah tapi saya berusaha komit terhadap ajaran yang saya yakini.


5 Hal yang Dilarang dalam Islam


Di atas saya mengungkapkan 5 yang saya gunakan dan saya rekomendasikan, sebagai penyeimbang saya menyampaikan 5 hal yang dilarang dalam Islam

Menyambung Rambut


Nabi Muhammad SAW bersabda "Allah melaknat penyambung rambut dan orang yang minta disambung rambutnya (HR Bukhari dan Muslim)

Menato Tubuh, Mencukur Alis dan Mengikir Gigi


"Allah melaknat orang yang menato dan wanita yang minta ditato, wanita yang menyambung rambutnya (dengan rambut palsu), yang mencukur alis dan minta dicukur serta wanita yang meregankan (mengikir ) giginya untuk kecantikan, yang mengubah ciptaan Allah (HR Bukhari dan Muslim)

Mengenakan Wewangian Bukan untuk Suaminya (Ketika keluar rumah)


"Setiap wanita yang menggunakan wewangian, kemudian keluar dan melewati sekelompok manusia agar mereka dapat menciim bau harumnya maka ia adalah seorang pezina dan setiap mata itu adalah pezina"  (Riwayat AHmad An Nasa'i dan Al Hakim dari jalan Abu Musa Al Asy'ari RA) 

Memanjangkan Kuku  


"Yang termasuk fitrah manusia itu ada lima (yaitu) khitan, mencukur bulu kemaluan, mencukur kumis, memotong kuku dan mencabut bulu ketiak"  (HR Bukhari dan Muslim) 

Berhias Menyerupai Kaum Lelaki


"Rasulullah SAW melaknat laki-laki yang menyerupakan diri seperti wanita dan melaknat wanita yang menyerupakan diri seperti laki-laki "  (HR Bukhari dinilai shohih oleh At Tirmidzi) 

Semoga tulisan ini bermanfaat ya teman-teman, mengungkapkan kebenaran memang terkadang pahit dan memang cukup berat, berkaitan erat dengan perasaan juga pastinya.  Saya hanya menyampaikan hadist-hadist yang disampaikan oleh rasul kita Nabi Muhammad SAW;  Selanjutnya diserahkan pada pribadi masing-masing kita toh yang nanti bertanggung jawab kepada Tuhan nya ya diri kita masing-masing :)



27 komentar :

  1. Masya Allah mbak Ida, artikelnya mantul 😍😍

    BalasHapus
  2. Syukron sharingnya mba Ida ��

    BalasHapus
  3. oo aku baru tau kalau manjangin kuku dlm islam itu ga boleh ya mbak

    BalasHapus
  4. Aku malah pakek bedak sm pembersih doank mbk. Emang kdg suka males gt ngurusin wajah. Tp setelah dikomentari suami soal wajahku yang kusem nggak terawat, aku mulai memperhatikan wajah. Minimal biar keliatan segeran gt aja wes. Makasih ya mbk ida udah diingetin

    BalasHapus
  5. Tos Mbak... akupun lebih suka pakai skincare dari pada make up. Sampai-sampai pakai bedak pun jarang. Atau biasanya, pakai beda tabur bayi tipis-tipis.

    BalasHapus
  6. Saya juga jarang makeupan Mbak, tapi belakangan doyan ngelipstick, tapi tetapi piluh warna yg netral aja. Gak berani yg gonjreng, gak PD, hihihih.
    Cream malam masih sering diskip nih, apalagi klo udah ngantuk berat, fiuuhh.

    BalasHapus
  7. Krim siang.. baru denger mbak, kalo dilihat dari cara kerjanya sepertinya kayak sunblock ya? Lalu apa yang membedakan yah mba?

    BalasHapus
  8. hehehe, krim malam itu penting banget mba.
    Justru amat sangat penting dibanding krim siang.
    Terlebih bagi wanita di atas 30tahun, dan sekarang diusia 27an udah harus lebih ngeh dengan krim malam.

    Krim malam itu gak seperti make up kok, jadi saat kita gunakan, kulit gak mungkin gak bisa nafas seperti kita gunakan make up, justru kulit bisa beregenerasi dengan baik seperti tubuh kita saat kita minum vitamin :)

    Tapi keren banget nih, saya nih suka bersolek, untungnya ke mana-mana selalu bareng pak suami hahaha

    BalasHapus
  9. Terimakasih sudah diingatkan tentang 5 larangan itu mba... Mudah2an kita terhindar dari melakukannya dengan sengaja..

    BalasHapus
  10. Pembersih wajah memang salah satu hal utama yaa mbak, karena biar gimana pun seharian wajah sudah dihadang polusi dan berbagai jenis debu yang melekat

    BalasHapus
  11. Terimakasih sharingnya ya mba semoga kita selalu ingat dan terhindar dari larangan2 dalam Islam tentang bersolek

    BalasHapus
  12. Aku cenderung kurang bisa berhias sejak kuliah dulu, sampai aku dibelikan bedak lengkap sama lipstick, foundation sama teman sekamar, dan diajari dandan, ahahah.
    Perawatan selain untuk kebersihan juga kesehatan ya mba

    BalasHapus
  13. PR besar sampai sekarang itu bersihin wajah pas mau tidur. Rasanya kok males banget. Kadang ingat, kadang luoa

    BalasHapus
  14. Aku pakai lipstik kayak nggak pake, karena warnanya yang maron dan muda banget. Kalo make up lain emang gak suka, kadang kondangan aja lupa pakai eyeshadow, wkwkwkk

    BalasHapus
  15. Kuku aku jarang panjang doong hehe.. rwmbut juga jarang panjang banget. Hampir ga pernah

    BalasHapus
  16. Dari 5 yang nggak boleh itu aku masih sering menggunakan wewangian tapi aku izin suami sih mbak.

    BalasHapus
  17. Terima kasih pengingatnya mba, bagus untuk reminder sobat muslimah hehe aku sejauh ini jujur belum bisa move on dari bersolek hehe

    BalasHapus
  18. selain di larang dalam islam untuk memanjangkan kuku lagi pula repot juga ya mbak punya kuku panjang apalagi aku orang sunda kadang makan enaknya pakai tangan :-D

    BalasHapus
  19. Iya ini aku juga mulai berjaga2 nih mba membatasi bersolek yg berlebihan dan memakai wewangian jd dingatkan lg nih

    BalasHapus
  20. Makasih sudah diingat ya Mbk, benar kita perlu berhias tapi jangan sampai membuat orang terlena ya. Perlu banget diingatkan teman-teman yang lainnya.

    BalasHapus
  21. Terima kasih ya Mbak.
    Kalau skincare sih aku rasa emang perlu buat ngerawat apa yang udah di kasih Tuhan sebagai wujud syukur kita :)

    BalasHapus
  22. Aku agak gmn gtu, skrng makin banyak yg bedandan kyk laki :( Sedih liatya.
    Saya jarang bersolek sih, tapi suka pakai skincare rutin :D
    Btw thanks pegetahuannya :)

    BalasHapus
  23. saya masih suka pake wewangian nih saat ke kantor, soalnya gak pede kalo gak pake (niat pakenya bukan untuk menarik perhatian lawan jenis tapi untuk meningkatkan kepercayaan diri). Semoga niatku saat memakainya bisa dimaklumi oleh Tuhan, amiin

    BalasHapus
  24. Insya Allah aku berdandan masih sewajarnya saja, Mbak. Terpenting wajahku nggak buluk-buluk banget lah, Mbak. Kalau terlalu berminyak dan klumut-klumut kan juga kesannya nggak bersih ya.

    BalasHapus
  25. Konon memanjangkan kuku bagi perempuan dalam Islam dapat menjadi rumah Jin dan anak-anaknya, serem ya. Alhamdullilah, aku kukunya pendek, juga gak tato alis

    BalasHapus
  26. Alhamdulillah mbaa, aku juga kalau nggaka ada suami sewajarnya aja dalam memakai wewangian bahkkan cenderung tidak sih. Hehehe dwmoga kita semua dapat dimudahkan dalam kebaikan

    BalasHapus
  27. terima kasih sudah diingatkan mba..kalua saya bersolek atau merawat diri karena faktor kesehatan dan juga untuk menyenangkan suami. Semoga kita terhindar dari segala hal yang dilarang Allah SWT

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^