**/ Cerita Ida : 8 Tips Menjadi Blogger Profesional

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

11 Des 2018

8 Tips Menjadi Blogger Profesional



8 Tips Menjadi Blogger Profesional   Menjadi seorang blogger sekarang sudah menjadi sebuah profesi yang cukup menjanjikan.  Bila kita serius menekuninya bisa menjadi sebuah sumber mata pencaharian.  Tentu saja usaha tidak pernah mengkhianati hasil.  Diperlukan fokus dan keseriusan bila ingin memperoleh penghasilan yang besar dari dunia blogging.  Masalahnya tinggal bertanya pada diri mau menjadi blogger profesionalkah kita atau menjadi blogger amatir, hanya kerja sambilan untuk mengisi waktu saja?


Bila hal itu ditanyakan pada saya, sebagai blogger yang juga memiliki banyak aktivitas lainnya selain menjadi ibu rumah tangga saya memilih menjadi blogger amatiran saja. Bekerja paruh waktu, suka-suka sesuka hatiku.

Tapi saya lagi berupaya memaksimalkan waktu yang saya miliki agar lebih efektif hingga kegiatan satu sama lain saling beriringan seiring sejalan...kan romantis tuh...hahaha..  Jadi meskipun paruh waktu saya tidak mau main-main di dunia bloging ini.  Mengapa ? Karena ini adalah hobi saya, dan saya suka melakukannya.

Jadi maksudnya meski memilih pekerjaan sambilan saja sebagai blogger tapi saya harus optimal dong yah... Do My Best....itu mungkin istilahnya.  Sambilan tapi profesional, tidak setengah-setengah dalam melakukannya.  Sebetulnya kalau saya memiliki waktu yang full saya memilih menjadi blogger profesional saja, enggak usah tanggung-tanggung.

Saya merasa sudah berusia mapan jadi tiap detik waktunya harus bermanfaat. Supaya hidup di akhirat nanti tidak menyesali kehidupan ini dengan banyak menyia-nyiakan waktu untuk hal yang tidak bermanfaat.  Serius di dunia blog membuat waktu saya jauh lebih bermanfaat karena bisa terus belajar dan bisa terus menebar kebaikan melalui tulisan.




Seandainya ingin  profesional menjadi blogger ada beberapa hal yang harus dilakukan. Ini ada 8 Tips  Menjadi Blogger Profesional meski sebagian masih jadi teori tapi bisa jadi rujukan sih kalau suatu saat nanti mau lebih profesional di bidang perblogingan ini.

8 Tips Menjadi Blogger Profesinal


1. Niat


Luruskan niat, walau kita ingin menjadi blogger profesional, tetap saja niat ngeblog jangan semata untuk uang.  Kalau niat semata untuk uang, bisa dipastikan ia akan gagal.  Mengapa demikian ? Karena kalau ia tidak mendapatkan uang dari blog, maka ia akan berhenti menulis.

Niatkan menulis untuk berbagi, insya Allah dengan niat ini selain mendapat pahala juga kita akan konsisten menulis walaupun belum ada uang yang didapat.

2. Waktu


Seorang  blogger professional harus memiliki waktu untuk mengelola blognya.  Tidak hanya membuat konten yang menarik tetapi harus memiliki waktu juga untuk berinteraksi dengan blogger lain, melakukan riset online,  blogwalking, mengumpulkan informasi. menambah pengetahuan dan lain sebagainya.

3. Minat dan Pakar di Bidangnya


Seorang blogger professional harus memiliki minat dan keahlian di topik yang dipilihnya, hingga ia bisa jadi tempat rujukan bagi yang memerlukannya.  Bila ia memiliki minat maka ia akan meng upgrade terus menerus ilmu yang dimilikinya karena itu adalah hal yang menyenangkan baginya.


4. Pengetahuan tentang Perblogan dan Teknisnya


Blogger profesional harus mengetahui pengetahuan dasar tentang database, transfer domain, plugin dan yang lainnya.  Ia juga harus paham tentang SEO, social bookmarking, face book, instagram, youtube, twitter dan sebagainya.

5. Kemampuan Menulis


Blogger profesional tentu saja harus memiliki kemampuan menulis yang baik dilihat dari alur ceita tulisan dan tata bahasanya.  Tulisannya tidak perlu seindah pujangga tetapi minimal harus mudah dipahami oleh pembacanya

6. Kemampuan Marketing


Blogger Profesional harus pandai memasarkan tulisannya.  Semakin ia mampu memasarkan blognya semakin besar peluang untuk mendapatkan trafik dan tentu saja berimbas pada pendapatannya.

8. Kreatif dan Inovatif


Kreatif dan Inovatif akan membuat tulisan seorang blogger profesional semakin berkualitas.  Kreatif mengandung arti berdaya cipta dan inovatif artinya menemukan hal yang baru.  Misalnya saja mampu berinovasi mempromosikan blog nya dan menemukan cara baru monetisasi.

Itulah 8 Tips Menjadi Blogger Profesional, sebenarnya masih ada tips yang lain seperti mampu mendesain blognya, mampu berkomunikasi, serta kemampuan yang lainnya.  8 Tips Menjadi Blogger Profesional  di atas adalah kemampuan dasar utama yang harus ada pada diri seorang blogger profesional.  Semoga bermanfaat :)



16 komentar :

  1. Masya Allah 😍😍
    Saya lagi belajar kepenulisan lewat blogwalking mbak Ida. Jazaakillah khair untuk tulisannya 😘😘

    BalasHapus
  2. Terimakasih tipsnya, mbak. Akan saya terapkan 8 tips ini. Semangaaaaat!

    BalasHapus
  3. Keren ini 8 tips nya teh Ida, saya mah belum memenuhi syarat soalnya teknis nya belum begitu pinter nih huhuhuh masih butuh banyak belajar

    BalasHapus
  4. Yang utama memang ya, Teh.. Niat. Akar dari setiap apa yang kita lakukan. Semoga noat kita senantiasa untuk ibadah juga seperti Teh Ida

    BalasHapus
  5. Sedang dalam proses untuk lebih menekuni bidang ini... Terima kasih Teh Ida untuk sharing nyaa..

    BalasHapus
  6. Waduh, bagian pakar di bidangnya, aku masih belum. Aku lebih ke tahu rada banyak tapi sedikit2. Jadinya cuma tahu luarnya aja. Gak bisa mendalam dan gak bisa jadi pakar. :(

    BalasHapus
  7. aku pun partime tapi mau belajar profesional bu makasih buat tips nya ya sukses selalu.

    BalasHapus
  8. Tipsnya sangat bermanfaat sekali Mba, bisa jadi masukan utk saya.. Kalo saya masih part time menekuni dunia blogging, tapi saya jg tdk setengah2, saya tetap mengikuti tips dan trik bgmn meningkatkan performa blog..

    BalasHapus
  9. Setuju Teh, semua harus diawali dengan niat yang baik, dan benar bangat jangan langsung diniatkan punya blog untuk cari uang, klo nggak dapat bisa kecewa berat, sebaiknya diniatkan untuk berbagi ilmu lewat tulisan ntar rezeki pasti mengikuti.

    BalasHapus
  10. Makasih tipsnya ya mbak memang kadang point Kreatif yang terakhir itu masih suka stuck di aku. Harus banget rajin ikut workshop2

    BalasHapus
  11. Di tunggubya tips2 berikutnya. Mau tahu gimn cara mendesai blogx

    BalasHapus
  12. Wow, so inspiring Bun. Thanks for sharing. Masih belajar konsisten nulis di blog nih ��

    BalasHapus
  13. Well noted teteh, aku banyak belajar banget dari tips teteh, yuk kita sama-sama saling mendokan untuk menjadi blogger yang profesional, otodidak saja tidak cukup, tetapi perlu berlatih dan mengikuti workshop menulis ya teh

    BalasHapus
  14. Setuju banget sama tipsnya. Kemampuan dibidang ahlinya, itu yg harus dipahami blogger skrg. Kebanyakan demi tawaran fee kadang yg bukan bidangnya diambil. Efeknya ke tulisan deh.jadi terlihat ga profesional.

    BalasHapus
  15. Aku setuju banget sama tipsnya, kebetulan kita sama mbak. Blogging masih sekwdar hobby tapi sedikit demi sedikit inshaallah menuju fulltime blogger yang profesional. Jadi ya mau nggak mau harus belajar teknis dan menulis.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^